Waspada!! Kamu Harus Kenali Tanda-tanda Alergi Kosmetik

Waspada!! Kamu Harus Kenali Tanda-tanda Alergi Kosmetik

Waspada!! Kamu Harus Kenali Tanda-tanda Alergi Kosmetik -Foto: net-

Kondisi ini muncul karena tubuh mengalami syok akibat tekanan darah yang turun drastis dan penyempitan saluran udara.

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil

Mengutip buku daring berjudul Allergy (2021), alergi kosmetik yang berlanjut hingga anafilaksis bisa meliputi tanda-tanda berikut ini.

1. Sesak napas

Salah satu tanda alergi kosmetik yang berbahaya adalah kesulitan bernapas. Saat mengalami anafilaksis, napas akan menjadi lebih pendek.

Saat tanda ini muncul, suara Anda juga seringkali berubah serak dan terengah-engah. Selain itu, dada bisa terasa sangat sesak hingga nyeri.

2. Lidah dan tenggorokan membengkak

BACA JUGA:Penyebab Terjadinya Hamil Anggur dan Cara Pencegahannya

Reaksi alergi kosmetik umumnya menyebabkan bibir bengkak. Pada kondisi anafilaksis, pembengkakan pun bisa meluas hingga lidah, tenggorokan, dan hingga mulut.

Pembengkakan ini bisa makin membuat Anda sulit bernapas. Jika tanda alergi kosmetik berat ini muncul, Anda perlu segera mendapatkan pertolongan medis.

3. Diare

Anafilaksis bisa memicu gangguan pada saluran pencernaan seperti diare. Gejala ini pun bisa disertai dengan mual dan muntah.

BACA JUGA:Kenali 4 Masalah Gizi yang Timbulkan Stunting pada Anak

Reaksi alergi ini bisa makin menyulitkan Anda bernapas karena perut mengalami kram sehingga menekan saluran napas. Jika sedang makan atau minum, Anda bisa langsung tersedak.

4. Pingsan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: