Waspada!! Kamu Harus Kenali Tanda-tanda Alergi Kosmetik

Waspada!! Kamu Harus Kenali Tanda-tanda Alergi Kosmetik

Waspada!! Kamu Harus Kenali Tanda-tanda Alergi Kosmetik -Foto: net-

Tanda alergi kosmetik ternyata tidak hanya terlihat pada kulit, tapi juga pada mata. Alergi menyebabkan mata berair, gatal, dan nampak kemerahan.

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Hal ini bisa terjadi ketika Anda mengoleskan makeup atau skincare yang di sekitar kelopak mata atas dan bawah.

Alergen pada kosmetik tersebut masuk ke dalam mata menimbulkan reaksi alergi. Tak jarang, mata juga bisa tampak membengkak dan terasa perih.

3. Bibir bengkak

Mengutip penjelasan Asthma and Allergy Foundation of America, alergi bisa menimbulkan pembengkakan di kulit yang disebut juga dengan angioedema.

BACA JUGA:Tips Ampuh Kurangi Batuk Pada Penderita TBC

Pelepasan histamin menyebabkan menumpuknya cairan tubuh di bawah kulit sehingga terjadi pembengkakan. Bagian wajah yang paling sering bengkak akibat alergi kosmetik adalah bibir.

Alergi kosmetik juga bisa membuat beberapa bagian wajah lainnya membengkak. Kondisi bibir atau muka yang bengkak ini bisa muncul bersamaan dengan ciri-ciri alergi kosmetik lainnya, yaitu kemerahan pada kulit.

Samakah gejala alergi kosmetik dengan dermatitis kontak?

Tanda alergi kosmetik sebenarnya mirip dengan dermatitis kontak akibat kosmetik.

BACA JUGA:Bolehkan Bayi Tidur dengan Posisi Miring? Yuk Simak Penjelasannya

Akan tetapi, gejala dermatitis kontak muncul hanya pada bagian kulit yang terkena produk dan efeknya timbul sesaat setelah pemakaian.

Sementara alergi kosmetik terjadi akibat reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.Reaksinya tidak selalu muncul segera. Gejala alergi kulit bisa terlihat setelah 12 jam setelah Anda mengaplikasikan produk ke kulit.

Reaksi alergi kosmetik yang semakin parah bisa mengarah pada syok anafilaksis. Ini adalah reaksi alergi berat yang bisa mengancam jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: