Amankah Konsumsi Makanan Mentah untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Simak Penjelasannya

Amankah Konsumsi Makanan Mentah untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Simak Penjelasannya

Amankah Konsumsi Makanan Mentah untuk Kesehatan Tubuh? Yuk Simak Penjelasannya-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM -  Anda mungkin sering tidak menyadari telah mengonsumsi makanan mentah, seperti lalapan, salad, bahkan makanan mentah Jepang, seperti sashimi, dan berbagai hidangan yang tidak dimasak lainnya. 

Bahaya makanan mentah seringkali dikarenakan karena ketakutan akan adanya mikroorganisme yang masih hidup dalam makanan dan mampu menimbulkan gangguan pada tubuh. 

Namun, di sisi lain, beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi makanan mentah justru lebih bernutrisi daripada mengonsumsinya setelah sudah dimasak. 

Bagi penganut diet makanan mentah, makanan mentah aman dan bergizi untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi yang masih utuh. 

BACA JUGA:4 Masalah Gizi ini Berisiko Anak jadi Stunting, Orang Tua Wajib Waspada

Saat dimasak, beberapa bahan makanan rasanya justru menjadi lebih enak, tetapi di saat yang sama, menghilangkan beberapa kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. 

Baik itu bahan makanan yang berasal dari tanaman maupun hewan, seperti ikan.

Mengonsumsi makanan mentah sering kali dinilai lebih sehat karena tidak melalui banyak proses pengolahan yang dapat mengurangi kandungan nutrisinya. Namun, ada bahaya kesehatan mengintai jika makanan mentah tidak dikonsumsi dengan benar.

Anda tentu tidak asing lagi dengan sashimi atau sushi yang menyajikan ikan mentah. Bukan cuma ikan-ikanan, beberapa orang juga lebih senang menikmati daging steik dalam keadaan setengah matang atau bahkan mentah (rare).

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Padahal, tidak semua makanan baik dikonsumsi mentah. Salah-salah, makanan mentah justru dapat mendatangkan bahaya kesehatan bagi penikmatnya.

Berikut ini adalah beberapa bahaya makanan mentah yang mungkin terjadi:

1. Meningkatkan risiko keracunan makanan

Secara umum, bahaya utama mengonsumsi makanan mentah adalah keracunan makanan karena bakteri yang mungkin ada di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: