Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Sariawan Tanpa Kita Sadari

Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Sariawan Tanpa Kita Sadari

Ilustrasi Sariawan--alodokter.com

BACA JUGA:Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Ibu Hamil

5. Rasa cemas dan stres

Perasaan cemas dan stres yang sering kali tidak kita sadari dapat memudahkan munculnya sariawan. Tidak hanya beban emosional, beban fisik yang menyebabkan tubuh kelelahan juga dapat menimbulkan sariawan.

Selain faktor-faktor di atas, sariawan juga bisa muncul akibat kondisi medis tertentu, seperti penyakit Crohn, penyakit celiac, dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, misalnya AIDS atau lupus.

Cara Mengatasi Sariawan

Kendati sariawan bisa hilang dengan sendirinya, namun Anda dapat mempercepat proses penyembuhannya dengan langkah-langkah berikut:

BACA JUGA: WASPADA! Undangan Pernikahan Penipuan Via Whatsapp, Bisa Raib Uang di Rekening

1. Jaga kebersihan mulut

Cara utama untuk mengatasi sariawan adalah menjaga kebersihan mulut, dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi dan sikat gigi berbulu lembut. Selain itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

2. Kompres es

Anda bisa mengompres sariawan menggunakan es, dengan cara mengulum es  batu di area yang mengalami sariawan. Cara ini bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh sariawan.

BACA JUGA:VIRAL! Video Bugil Wanita Berseragam SPG Yamaha

3. Cukupi asupan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi merupakan salah satu penyebab munculnya sariawan. Jadi, pastikan tubuh Anda sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama vitamin B12, zinc, zat besi, dan asam folat. Anda dapat memenuhi seluruh asupan nutrisi tersebut dari sayuran hijau dan buah-buahan.

4. Gunakan obat kumur alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: