Posisi Bayi Miring Saat Tidur, Amankah?

Posisi Bayi Miring Saat Tidur, Amankah?

Ilustrasi Bayi Tidur-Tangkapan Layar-alodokter.com

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Waktu tidur yang lama membuat bayi bisa tidur dengan berbagai posisi, salah satunya adalah posisi miring. Namun, apakah posisi bayi tidur miring tergolong aman? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak pembahasannya di artikel berikut ini.

Bayi akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur, bisa selama 14–17 dalam sehari. Waktu tidur bayi yang lama dapat membuatnya mengubah-ubah posisi tidur, mulai dari telentang, tengkurap, hingga miring.

Apakah Aman Bayi Tidur Miring?

Pada orang dewasa, posisi tidur miring memang dapat menyebabkan ngiler saat tidur, tetapi posisi ini bermanfaat untuk mencegah mendengkur, mengurangi mulas, menjaga kesehatan saluran cerna, dan menghindari nyeri punggung bawah.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Ibu Hamil

Namun, tidur miring bukanlah posisi tidur yang disarankan untuk bayi. Pasalnya, bayi yang tidur miring sering kali berakhir dengan posisi tidur tengkurap.

Posisi tidur miring dan tengkurap bisa saja membuat saluran pernapasan bayi menyempit atau terhalang. Akibatnya, bayi menjadi kesulitan bernapas dan kekurangan oksigen. Kondisi ini juga akan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Bagaimana Posisi Tidur yang Baik untuk Bayi?

Untuk mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan akibat tidur miring, sebaiknya bayi selalu ditidurkan pada posisi terlentang.

BACA JUGA:Mengancam Saat Kepergok Mencuri, Rizal Akhirnya Ditangkap

Jadi, Anda perlu memastikan Si Kecil selalu tidur dalam posisi telentang hingga usianya 1 tahun. Posisi tidur terlentang terbukti dapat menurunkan risiko SIDS hingga 50 persen.

Khusus untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan, Anda perlu lebih ketat mengawasinya agar tidak berguling ke posisi miring atau tengkurap. Hindari penggunaan kasur yang terlalu empuk karena bayi jadi lebih mudah bergerak.

Anda juga bisa membedong bayi berusia di bawah 3 bulan dengan erat tetapi tidak terlalu ketat supaya mencegah bayi tidur miring.

BACA JUGA:Mahasiswa UI ini Tewas Tertabrak Mobil Pensiunan Polisi, Malah ditetapkan Jadi Tersangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: