Antusiasme Tinggi, Pasang Banyak Rambu Lajur Prioritas Bus Trans Jatim

Antusiasme Tinggi, Pasang Banyak Rambu Lajur Prioritas Bus Trans Jatim

Pet Home Surabaya Raya Antusiasme Tinggi, Pasang Banyak Rambu Lajur Prioritas Bus Trans Jatim SURABAYA RAYA 26 Januari 2023, 17:19:32 WIB Antusiasme Tinggi, Pasang Banyak Rambu Lajur Prioritas Bus Trans Jatim X Petugas memasang rambu lajur prioritas un-Foto: net-jawapos.com

JATIM,PAGARALAMPOS.COM - Transportasi publik Trans Jatim sangat diminati. Dalam perjalanannya, sarana dan prasarana bus penghubung Surabaya Raya (Gresik–Surabaya–Sidoarjo) itu terus dikembangkan. Di antaranya, pemasangan papan rambu lalu lintas.

Papan tersebut bertulisan ’’Lajur Prioritas Bus Trans Jatim”. Papan itu dipasang tepat di atas halte yang juga di bawahnya terdapat markah jalan berhentinya bus.

Staf Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik Taufik mengatakan, pemasangan itu dilakukan oleh Pemprov Jatim yang memiliki armada Trans Jatim. Meski demikian, pemasangan rambu tersebut akan dilakukan di semua halte di Gresik.

“Tapi, sepertinya baru dimulai dari perbatasan Surabaya, kemarin di depan Stadion Gejos,” ucapnya.

BACA JUGA:Pelajar SMP Rela Jadi Buruh Pabrik Batu Bata agar Bisa Lunasi Biaya Study Tour

Dia mengakui, sejak Trans Jatim beroperasi, masyarakat sangat antusias dalam memanfaatkan moda transportasi massal tersebut. Mengingat, selain tarifnya murah, armadanya banyak.

Halte-halte Trans Jatim di sepanjang jalan di Kota Pudak sering kali ramai. Apalagi saat pagi dan sore hari. ’’Akhir pekan itu sering antre panjang di halte-halte itu,” imbuhnya.

Saking tingginya animo masyarakat, fasilitas sarana dan prasarana pun terus dikembangkan. Seperti adanya penambahan fasilitas wifi di dalam halte. ’’Kami di Pemkab Gresik juga sudah komunikasi dengan masyarakat sekitar untuk penyediaan parkir. Seperti di RSUD itu sudah bisa,” jelasnya. 

Sebelumnya, trayek bus Trans Jatim juga bakal ditambah tahun ini. Rencananya, bus milik Pemprov Jatim tersebut lewat jalur bawah tanpa tol. Yakni, lewat Buduran–Gedangan hingga Waru. Rencana tersebut kini masih dimatangkan.

BACA JUGA:Buka Rakornas Transisi PC-PEN, Presiden Apresiasi Kerja Keras Jajaran Tangani Pandemi

Selain menambah rute baru, bus untuk koridor I rute Sidoarjo–Surabaya–Gresik juga akan ditambah pada April mendatang. Rencananya ada penambahan 10 bus dan 1 bus cadangan. Saat ini, sudah ada 20 bus dan 2 bus cadangan. Dengan penambahan tersebut, akan ada sebanyak 33 bus yang beroperasi dari Terminal Porong hingga Terminal Bunder, Gresik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo Benny Airlangga menilai penambahan tersebut tepat. Sebab, hampir setiap hari bus tersebut penuh. ”Selalu ada penumpang yang berdiri. Terutama saat akhir pekan,” jelasnya. Salah satu penyebabnya, tarifnya juga terjangkau. Santri dan pelajar hanya Rp 2.500 dan Rp 5.000 untuk umum.

Benny menyebutkan, Pemkab Sidoarjo akan mendukung angkutan massal tersebut dengan menyiapkan angkutan pendamping. Pihaknya kini menyiapkan untuk rute Krian hingga Sidoarjo kota. Sebab, bus Trans Jatim tidak melintasi wilayah barat Sidoarjo seperti Wonoayu, Tulangan, dan Krian.

Rencananya, pihaknya menggunakan bus kecil atau elf untuk mengantar ke halte-halte bus Trans Jatim. ”Karena busnya kan lewat tol. Jadi, belum menjangkau wilayah barat. Ini kami kaji dulu transportasi pendampingnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com