Tips Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami dan Efektif

Tips Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami dan Efektif

Ilustrasi.google-Foto: Ist-

Tidur merupakan proses alami tubuh untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas ini bisa meningkat jumlahnya jika tubuh sering stres, terpapar sinar matahari, dan polusi atau asap rokok. Jika Anda kurang tidur, maka kulit wajah akan terlihat lebih kusam, serta memicu munculnya garis halus dan lingkaran hitam di sekitar mata (mata panda).

Pastikan Anda tidur setidaknya 7-9 jam sehari dan hindari makanan berat atau mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

BACA JUGA:Bahaya Hipertensi, Mendapat Julukan The Silent Killer!

5. Kelola stres

Stres tak hanya akan membuat kulit Anda lebih kusam, namun juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kulit, seperti jerawat.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengelola stres untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat. Mengelola stres bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti rutin berolahraga, mengerjakan hobi, dan melakukan relaksasi, yoga, atau meditasi.

6. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga tak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tapi juga memelihara kelenturan kulit wajah agar kulit terlihat cerah dan awet muda. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan, misalnya joging, secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari.

BACA JUGA:Cara Ampuh Obati Keloid, Kamu Wajib Tau!!

7. Gunakan skincare alami

Beberapa riset menunjukkan bahwa bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, dan kopi, mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kuman dan paparan zat berbahaya. Selain itu, bahan alami tersebut juga dipercaya efektif menangani jerawat dan kerap dimanfaatkan sebagai pembersih makeup.

Untuk mencerahkan wajah, Anda bisa mengoleskan minyak zaitun atau lidah buaya secukupnya ke wajah sebelum tidur malam. Pijat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih atau gunakan tisu wajah yang lembut.

Biarkan lapisan tipis minyak kelapa yang tertinggal di wajah semalaman, lalu bilas kembali hingga bersih keesokan harinya.

BACA JUGA:Menkes Ungkap Indonesia Punya Radar Pendeteksi Virus Varian Barur!

Selain dengan beberapa langkah di atas, cara mencerahkan wajah secara alami juga bisa dilakukan dengan cara tidak merokok atau menjauhi paparan asap rokok. Kandungan racun yang terdapat pada rokok dan asapnya dapat membuat kulit kering, kusam, dan cepat rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: