Cara Ampuh Obati Keloid, Kamu Wajib Tau!!

Cara Ampuh Obati Keloid, Kamu Wajib Tau!!

ilustrasi keloid-(KIDDLE/CREATIVE COMMONS/MICHAEL RODGER) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Menghilangkan Keloid yang Dapat Dipertimbangkan", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/02/28/070100368/6-cara-menghilangkan-keloid-yang-d-

PAGARALAMPOS.COM - Keloid bisa menimbulkan bekas yang membuat kulit tampak tak mulus lagi. Namun, ada salep Keloid yang ampuh dan bisa membantu menyamarkan bekas lukanya. Mau coba?

Keloid adalah bekas jaringan parut yang timbul setelah adanya luka. Luka ini kemudian bertumbuh dan mengeras. Keloid sering ditemukan pada bagian dada, bahu dan juga pipi, namun tak menutup kemungkinan keloid akan bertumbuh di bagian lain.

Obat keloid digunakan untuk meratakan bekas luka atau mencegah ukurannya makin membesar. Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari krim, gel, plester, hingga suntikan. Pemakaiannya pun harus sesuai petunjuk penggunaan agar pengobatan berlangsung efektif.

Saat kulit yang terluka sembuh, jaringan parut atau bekas luka dapat terbentuk untuk memperbaiki dan melindungi luka. Pada sebagian orang, bekas luka bisa menebal dan menonjol, bahkan ukurannya lebih besar dari luka aslinya. Bekas luka inilah yang disebut keloid.

BACA JUGA:Manfaat Telur Asin Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Keloid bisa terbentuk di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di luka bagian dada, punggung, bahu, lengan, daun telinga, dan leher.

Bekas luka ini bisa bewarna merah muda, merah, sesuai warna kulit, atau lebih gelap dari kulit sekitarnya.

Meski tidak menular dan tidak membahayakan kesehatan, keloid bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun, Anda bisa menggunakan obat keloid atau menjalani tindakan medis tertentu agar bekas luka ini dapat menghilang atau tersamarkan.

Ragam Pilihan Obat Keloid

BACA JUGA:Bangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf : Gekrafs Jadi Garda Terdepan Kebangkitan Ekraf

Selain mencegah keloid makin besar, beberapa obat keloid juga bisa digunakan untuk meredakan gejala yang menyertainya.

Dalam beberapa kasus, bekas luka keloid bisa terasa gatal dan nyeri. Ketika mulai terbentuk, keloid bisa terus tumbuh selama bertahun-tahun dan membesar.

Keloid umumnya terbentuk karena produksi kolagen yang berlebihan di area bekas luka. Oleh karena itu, pengobatan keloid sering kali berfokus pada pengurangan kolagen di area keloid.

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat keloid yang ampuh dan umum digunakan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: