Jangan Lakukan ini Jika Kamu Tidak Ingin Punya Jerawat yang Membandel

Jangan Lakukan ini Jika Kamu Tidak Ingin Punya Jerawat yang Membandel

Ilustrasi.google-Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Jerawat yang membandel sering kali menganggu, terlebih jika tumbuh di area wajah sehingga dapat mempengaruhi penampilan. 

Keluhan mengenai tumbuhnya jerawat dapat dialami oleh siapa saja, walaupun lebih sering terjadi pada remaja masa pubertas. 

Sebenarnya, apa yang menjadi pemicu tumbuhnya jerawat dan bagaimana cara mengatasinya.

Jerawat atau disebut juga dengan acne vulgaris (AV) adalah suatu penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai adanya komedo, papul, kista, dan pustul. 

BACA JUGA:Bahaya Hipertensi, Mendapat Julukan The Silent Killer!

Bagian tubuh yang kerap ditumbuhi jerawat antara lain daerah wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung. 

Tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan yang membuat wajah berjerawat, lho. Jadi, jangan heran, kalau kamu sudah menerapkan sejumlah langkah skin care, melakukan beragam cara untuk mengobati jerawat, eh jerawat tetap betah gara-gara kebiasaan-kebiasaan ini.

Jerawat terbentuk akibat pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran, sebum, atau sel kulit mati, yang kemudian terinfeksi dan akhirnya meradang. Perkembangan terjadinya jerawat bisa dimulai dari komedo, benjolan kecil kemerahan, benjolan besar yang padat (jerawat batu), dan benjolan berisi nanah.

BACA JUGA:Apa Saja Penyebab Terjadinya Kulit Kering, Yuk Simak Penjelasnnya Disini

Berbagai Kebiasaan Penyebab Jerawat

Munculnya jerawat di wajah bisa dipicu oleh beragam hal, mulai dari perubahan kadar hormon, efek samping obat-obatan, hingga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan. Nah, apa saja kebiasaan buruk yang dapat memicu jerawat? Berikut ini jawabannya:

1. Terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka terlalu sering dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul. Jadi, kamu cukup mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari saja. Saat mencucinya, usap dengan lembut wajahmu dan tidak perlu berlama-lama.

BACA JUGA: Cek Disini! Peraturan Baru BPJS Kesehatan bagi Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: