Viral: Waspada, Efek Samping Skin Care Mengandung Retinol

Viral: Waspada, Efek Samping Skin Care Mengandung Retinol

-ilustrasi.google-Cepi

PAGARALAMPOS.CO - Skincare mengandung retinol tengah booming di sejumlah produk kecantikan. Retinol adalah sejenis retinoid yang terbuat dari vitamin A.

Bahan aktif ini kerap ditemukan di serum atau pelembab. Mengutip Healthline, para peneliti menemukan bahwa retinol bisa memudarkan bekas jerawat, meratakan warna kulit tak merata, dan mempercepat pergantian sel kulit.

Retinol memiliki sejumlah manfaat seperti menghilangkan garis halus, kerutan,dan memperkecil pori-pori besar. Retinol juga dapat menyamarkan bintik hitam akibat paparan matahari dan membuat tekstur kulit jadi lebih rata.

Tapi Sobat Viral yang punya kulit sensitif, ibu hamil dan menyusui harus waspada sebelum memakai skincare yang mengandung retinol.

BACA JUGA:REKOMENDASI APLIKASI UNTUK MENGONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE OLEH ANAK

Meskipun mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan wajah, penggunaan retinol bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Di bawah ini ada beberapa efek samping dari penggunaan retinol pada kulit wajah.

Kulit Wajah Menjadi Kemerahan, Pemakaian retinol pada wajah yang sensitif bisa memicu kulit wajah menjadi kemerahan. Di bulan pertama pemakaian retinol, kulit wajah bisa memerah. Kemerahan bisa cepat terlihat saat terpapar sinar Matahari.

Sobat Viral yang punya kulit sensitif cobalah untuk menguji efek retinol sebelum mencoba. Kalian bisa oleskan sedikit serum ke bagian telinga. Jika tampak kemerahan, maka tidak perlu dilanjutkan ke wajah.

Membuat Wajah Iritasi

Bentuk efek samping dari penggunaan retinol berikutnya adalah risiko kemunculan iritasi pada kulit wajah.

Pada dasarnya zat retinol melatih kulit agar bisa beregenerasi dalam waktu yang lebih cepat. Karena itulah pada awal-awal pemakaian retinol dapat menyebabkan kulit menjadi mengelupas dan peradangan.

BACA JUGA:Pengamat: Kang Emil dan Golkar Saling Melengkapi

Menjadi Sensitif Terhadap Paparan Cahaya Matahari

Retinol dapat membuat wajah Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Ini karena cara kerja retinol adalah membuang sel kulit wajah yang kusam serta merangsang bertumbuhnya sel kulit baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber