Cik Ujang Komitmen Sejahterahkan Petani

Cik Ujang Komitmen Sejahterahkan Petani

RESMIKAN: Bupati Lahat Cik Ujang saat meresmikan penangkaran bibit sawit.-Foto Heru/Pagaralam Pos-

PAGARALAM POS, Lahat – Bupati Lahat, Cik Ujang SH terus buktikan komitmennya untuk mensejahterahkan petani di Kabupaten Lahat. Salah satunya, petani sawit. Adanya bibit unggul yang berkelanjutan, sangat dibutuhkan.

Baru-baru ini, Cik Ujang meresmikan penangkar bibit sawit pertama di Kabupaten Lahat. Tujuannya, agar sawit rakyat menghasilkan buah yang berlimpah, sehingga perekonomian petani sawit di Lahat ikut meningkat.

Perkebunan wakit rakyat di Lahat ini, saya lihat banyak tidak berbuah. Sudah dikasih pupuk, tapi tetap tidak berbuah. Ini jelas buat rugi petani kita. Dinas terkait terus saya dorong, cari solusi agar sawit petani kita berbuat lebat,” ujar Cik Ujang, Minggu (2/10).

BACA JUGA:229 Petugas Regsosek Dilatih BPS Pagaralam

Cik Ujang menambahkan, dirinya merasa senang jika masyarakat, khususnya petani di Lahat jadi makmur. Karena itu beragam program untuk petani, terus jadi prioritas Pemkab Lahat. Untuk petani sawit, periode tahun 2019-2022 ada seluas 3.468 hektar perkebunan sawit rakyat, akan diremajakan. Saat ini baru 1.000 hektar yang dapat rekomendasi teknis untuk peremajaan, dengan persentase 31,448 persen.

BACA JUGA:Presiden Berduka atas Tragedi di Kanjuruhan, Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Tahun ini, 500 hektar kebun sawit rakyat akan kembali diremajakan.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

“Perkebunan sawit rakyat di Lahat ini, sampai puluhan ribu hektar. Tersedianya bibit unggul untuk petani sawit, jadi langkah Pemkab Lahat, agar petani sawit dapat meningkatkan produksi dan mutu kualitas buah. Jika pendapatan petani meningkat, perekonomian di Lahat juga meningkat,” ucapnya.

BACA JUGA:Gelar Pembinaan dan Sosialisasi 10 Program Pokok PKK

Cik Ujang berjanji, dirinya akan terus berupaya agar petani di Lahat sejahterah. Beragam program kerja untuk meningkatkan kesejahteraan petani, sudah masuk dalam rencana kerja OPD terkait.

BACA JUGA:Pererat Hubungan Ukhuwah Islamiyah

“Sektor pertanian ini, salah satu konsen saya. Masyarakat kita mayoritas petani, jika petani sejahterah, perekonomian meningkat, kemiskinan di Lahat juga akan berkurang,” sampainya. (her18)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: