Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank, Berikut Tips dari Pakar Agar Terhindar
Tangkapan layar, salah satu modus penipuan perbankan soal pengumuman perubahan biaya administrasi.- Foto : jpnn-sumeks.disway.id
Sikap tenang dan tidak panik, maka nasabah tidak akan mudah dikontrol secara psikologis oleh pelaku. Pasalnya, pelaku kerap memanfaatkan psikologis nasabah yang panik untuk mengakses informasi perbankan nasabah.
BACA JUGA:2023, Ada 200 CJH Bakal Berangkat Haji
“Makanya pelaku menggunakan metode social engineering. Jadi kalau tidak bisa meng-hack sistem banking-nya, ya hack user-nya saja. Caranya hack user adalah dengan banyak jebakan,” lanjutnya.
Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia secara konsisten terus memberikan imbauan kepada nasabah untuk terus waspada terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan BRI.
Salah satu modus kejahatan terbaru dengan viralnya gambar tangkapan layar yang tersebar luas melalui sejumlah aplikasi pesan singkat berisi perubahan biaya administrasi ATM BRI dari Rp 6.500 per transaksi menjadi Rp 150 ribu per bulan Aestika menyatakan bahwa hal tersebut dipastikan tidak benar.
BACA JUGA:Lomba UP2K Geliatkan Ekonomi Kerakyatan
Maraknya aksi kejahatan ini, mendorong BRI untuk terus mengajak nasabahnya dan semua pihak untuk mengedepankan kewaspadaan dalam menerima pesan dalam bentuk apapun.
Dengan tidak terburu-buru percaya dengan ajakan pesan tersebut. BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan (seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, username & password internet banking, hingga OTP) kepada orang lain, termasuk kepada pihak yang mengatasnamakan BRI.
BACA JUGA:2023, Ada 200 CJH Bakal Berangkat Haji
Atas maraknya upaya penipuan akhir-akhir ini, BRI terus berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk segera menindak dan menangkap pelaku kejahatan perbankan tersebut dengan melacak IP address para pelaku.
Pihaknya juga mengimbau nasabah untuk menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial (verified) sebagai media komunikasi yang dapat dipercaya dan diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman/akun: Website: www.bri.co.id, Instagram: @bankbri_id, Twitter: @bankbri_id, @kontakbri, @promo_BRI, Facebook: Bank BRI, Youtube: Bank BRI, Tiktok: @bankbri_id, dan Contact BRI 14017/1500017.(jpnn/dho)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: sumeks.disway.id