Pemkot PGA

ATR/BPN Paparkan Transformasi Layanan dalam Uji Publik KIP 2025

ATR/BPN Paparkan Transformasi Layanan dalam Uji Publik KIP 2025

ATR/BPN Paparkan Transformasi Layanan dalam Uji Publik KIP 2025-net-

PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melangkah ke tahap Uji Publik setelah dinyatakan lolos seleksi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2025 yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP). 

Presentasi Uji Publik tersebut dilakukan pada Rabu (19/11/2025) di Grand Mercure Hotel Kemayoran, Jakarta, dan disampaikan langsung oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Ossy Dermawan.

Dalam pemaparannya, Wamen Ossy menegaskan bahwa prinsip transparansi merupakan bagian penting dari reformasi layanan pertanahan dan tata ruang yang tengah dijalankan kementerian. 

Ia menyampaikan bahwa Menteri ATR/BPN, Nusron Wahid, selalu menekankan pentingnya layanan publik yang cepat, akuntabel, bersih, serta tidak diskriminatif. 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Nusron Wahid Pimpin Rakor Pertanahan se-Sulsel

''Untuk itu, Kementerian ATR/BPN terus berusaha memperbaiki diri, memperbaiki proses, beradaptasi, dan memastikan setiap langkah pelayanan berjalan transparan serta mudah diakses publik'', ujar Wamen Ossy.

Di hadapan tiga penguji dari unsur Komisioner KIP, praktisi keterbukaan informasi, dan akademisi, Wamen Ossy diberikan waktu 10 menit untuk menjelaskan kebijakan serta strategi kementerian dalam memenuhi hak masyarakat atas informasi publik. 

Salah satu fokus utamanya adalah bagaimana transformasi digital menjadi tulang punggung layanan pertanahan dan tata ruang yang lebih terbuka.

Transformasi digital tersebut diwujudkan melalui berbagai inovasi layanan yang mempermudah masyarakat memperoleh informasi secara cepat dan akurat. 

BACA JUGA:ATR/BPN Raih Top GPR Award 2025, Bukti Konsistensi Bangun Citra Positif Pemerintah

Salah satu inovasi yang mendapat perhatian adalah aplikasi Sentuh Tanahku, sebuah layanan berbasis smartphone yang memungkinkan masyarakat mengakses data sertipikat, memantau proses layanan pertanahan, dan memeriksa status tanah secara mandiri. 

Aplikasi ini dinilai menjadi jembatan penting dalam menghadirkan layanan yang tidak hanya efisien tetapi juga transparan.

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga mengembangkan aplikasi ''BHUMI'' yang dapat diakses melalui BHUMI.atrbpn.go.id. 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: