Tinggi Kadar Gula! Ini Cara Konsumsi Nasi Putih Agar Lebih Sehat

Sabtu 14-09-2024,05:18 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Nasi putih adalah makanan pokok di banyak budaya, tetapi konsumsinya sering kali dikaitkan dengan lonjakan gula darah dan risiko diabetes tipe 2.

Meskipun nasi putih secara alami mengandung karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula darah, ada beberapa cara untuk mengurangi dampaknya dan membuat nasi putih menjadi pilihan yang lebih sehat.

Berikut adalah beberapa strategi efektif untuk mengurangi dampak nasi putih terhadap kadar gula darah:

1. Pilih Nasi Putih Berkualitas Tinggi

Kualitas nasi putih yang Anda pilih dapat mempengaruhi kadar gula darah. Pilihlah nasi putih yang kurang diproses atau yang lebih pulen.

Nasi yang diproses secara minimal cenderung memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih rendah.

Meskipun nasi putih secara umum memiliki IG yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi merah atau coklat, memilih varietas yang lebih berkualitas dapat membantu sedikit mengurangi dampaknya.

BACA JUGA:11 Manfaat Jeruk Nipis, Bagi Kesehatan Tubuh! Inilah Khasiatnya ?

2. Kombinasikan dengan Makanan Berfiber Tinggi

Mengombinasikan nasi putih dengan makanan yang tinggi serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

Serat dari sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu menurunkan indeks glikemik makanan secara keseluruhan.

Misalnya, sajikan nasi putih dengan sayuran hijau, brokoli, atau salad yang kaya serat untuk menyeimbangkan efeknya pada kadar gula darah.

3. Masak dengan Metode yang Tepat

Metode memasak nasi putih juga dapat mempengaruhi bagaimana ia mempengaruhi gula darah. Masak nasi dengan lebih banyak air dan rendam dalam waktu yang lebih lama sebelum dimasak.

Proses ini dapat mengurangi kandungan pati cepat cerna dalam nasi, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan indeks glikemiknya.

Kategori :