Tingkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pemilu, Gelar Pelatihan Penguatan Pengawas Kelurahan

Rabu 11-09-2024,18:41 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Dempo Tengah mengadakan giat Penguatan Kapasitas Pengawasan bagi pengawas Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Dempo Tengah.

Acara ini berlangsung di Gedung Waterpark dan Villa Favour Pagar Alam, Tanjung Aro, Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagar Alam Utara, pada Rabu (11/9).

Ketua Panwascam Dempo Tengah, Akhirudin, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada pengawas di tingkat Kelurahan dan Desa, agar mereka lebih siap dalam menjalankan tugas pengawasan Pilkada serentak 2024.

“Penguatan ini penting untuk memastikan pengawasan berjalan dengan efektif demi suksesnya Pilkada Kota Pagar Alam,” jelasnya.

BACA JUGA:Bawaslu Pagaralam Lantik Anggota Panwascam

Lebih lanjut, Akhirudin menambahkan bahwa Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengamanatkan Bawaslu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. 

Partisipasi aktif masyarakat dalam proses pemilu sangat penting, baik sebagai pemilih, pengawas, maupun sebagai bagian dari pendidikan politik.

“Pemilu bukan hanya sekadar perebutan kekuasaan, tetapi juga sarana bagi rakyat untuk mengekspresikan kedaulatan mereka yang dijamin oleh konstitusi,” ujarnya.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat strategi dan program pengawasan yang akan diterapkan selama Pilkada 2024.

BACA JUGA:Kuota Perempuan Panwascam Kota Pagaralam Sudah 30 Persen

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan kapasitas pengawas kelurahan dan desa agar dapat menjalankan tugas pengawasan dengan lebih optimal, sehingga Pilkada 2024 berjalan aman, tertib, dan lancar.

Acara tersebut dihadiri oleh Kapolsek Dempo Tengah Ipda Budianto, SH, Camat Dempo Tengah Buraqqo Bangun, SP MM, Danramil 405/13 Dempo Selatan yang diwakili oleh Bhabinsa, para lurah, Ketua PPK, PPS, dan PKD se-Kecamatan Dempo Tengah, serta Sekretariat Panwas Dempo Tengah.

Kategori :