Tingkatkan Kesadaran, Lurah Jangkar Mas Inisiasi Gotong Royong untuk Jaga Kebersihan Lingkungan

Kamis 29-08-2024,06:38 WIB
Reporter : Fahmi
Editor : Almi

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM – Sebagai salahsatu langkah untuk mengaja lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, Lurah Jangkar Mas menginisiasi kegiatan gotong royong dengan membersihkan saluran irigasi Ujan Mas.

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk Warga Dusun Ujan Mas, Ketua RT 5 dan RT 6, Ketua RW 3, pihak Kelurahan, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, dan Bhabinsa, yang bahu-membahu membersihkan saluran irigasi dari sampah dan kotoran yang cukup menyumbat.

Diketahui, Aliran Irigasi tersebut berfungsi untuk mengaliri lebih dari 60 bidang sawah di wilayah tersebut. 

Lurah Jangkar Mas Maman Firmansyah ST, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat.

BACA JUGA:Menjaga Integritas Pilkada,Ini Imbauan Kapolsek Dempo Utara Agar Maysarakat Menjauhi Politik Uang

“Selain Gotong Royong, kami bersama pihak yang terlibat juga memasang spanduk ucapan terima kasih kepada warga yang tidak membuang sampah di saluran irigasi, serta mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dengan menampilkan peraturan daerah (perda) yang berlaku,” ujar Maman.

Untuk memberikan semangat warga, Maman juga memberikan door prize berupa alat-alat kebersihan, termasuk sepatu boot, sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi aktif mereka dalam giat ini.

Maman juga menyampaikan harapannya kepada Dinas Lingkungan Hidup agar memperbanyak kotak sampah di titik-titik lokasi yang diperlukan, sehingga warga lebih mudah membuang sampah pada tempatnya. 

“Semoga Dinas Lingkungan Hidup dapat memberikan kotak sampah untuk ditempatkan di wilayah permukiman yang menjadi titik keramaian, berharap masyarakat semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Kategori :