BACA JUGA:Rahasia Logo Corong Oli Vespa Matic, Indikator Masalah Mesin yang Perlu Anda Ketahui
Beberapa motor Piaggio telah berpartisipasi dalam rangkaian sirkuit balap, yang awalnya hanya bertujuan untuk mengiklankan produk.
Namun ternyata Vespa Circuito 125 juga dapat digunakan untuk menguji kemampuan motor, untuk membuat model standar.
Motor balap Vespa yang dibuat secara handmade oleh para spesialis Piaggio telah digunakan oleh beberapa pembalap terkenal seperti Dino Mazzoncini dan Giuseppe Cau.
Giuseppe Cau pun telah memenangkan waktu balap pada Catania Etna di tahun 1950.
Dengan menjadi yang tercepat di kelasnya (125cc), dan berhasil meraih posisi 3 dalam klasemen keseluruhan setelah Guzzi dan Benelli.
BACA JUGA:Vespa LX 125 i-get, Skutik Retro Elegan dengan Teknologi Modern
Vespa Montlhery (1950)
Untuk mempromosikan image sporty pada Vespa, Piaggio mengalihkan fokus para penonton dengan berhasil memecahkan rekor baru.
Ya, pada tanggal 7 April 1950, di sirkuit Montlhery, Prancis, Vespa berhasil memenangkan rekor waktu dunia.
Dengan tiga pembalap yang bergantian dalam uji waktu 10 jam dengan kecepatan rata-rata 134 km per jam.
Yakni jarak 100 km (kecepatan rata-rata 129,7 km per jam), jarak 500 km (kecepatan rata-rata 123,9 km/h ), dan jarak 1.000 km (kecepatan rata-rata 124,3 km/jam).
Selama 10 jam, Vespa mampu mengcover jarak sepanjang 1.049 kilometer. Dengan motor yang mirip dengan Circuito 125 dari tahun 1949.
Mazzoncini mampu meraih hasil yang cemerlang dalam sirkuit balap, di antaranya adalah kemenangan kelas scooter di Circuit of Genoa, dimana terjadi persaingan antara Vespa dan Lambretta. (*)