Simbol Kebanggaan Umat Muslim! Inilah Jejak Sejarah dan Keistimewaan Masjid Nabawi

Kamis 08-08-2024,06:55 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

Mengunjungi Masjid Nabawi bukan hanya sekadar ziarah, tetapi juga merupakan momen berharga bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan keberkahan yang ada di dalamnya.

Apakah kamu sudah pernah berkunjung ke Masjid Nabawi?

Masjid Nabawi bukan hanya sebuah bangunan bersejarah, tetapi juga simbol keagungan Islam yang tetap menjadi pusat spiritual bagi umat Muslim. 

Dengan sejarahnya yang kaya, perluasan yang dilakukan oleh para khalifah, dan keistimewaan spiritualnya, Masjid Nabawi tetap menjadi tempat yang mendapat penghormatan dari seluruh umat Islam di dunia. 

Dalam setiap langkah kita mengenal lebih jauh tentang Masjid Nabawi, kita semakin mendekatkan diri kepada nilai-nilai spiritual dan sejarah yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

 

Masjid Agung Al-Falah, Simbol Kebanggaan dan Sejarah Kota Jambi

PAGARALAMPOS.COM - Dengan akhirnya masa Kesultanan Jambi setelah gugurnya Sultan Thaha Saifuddin pada tanggal 27 April 1904, Belanda berhasil menguasai wilayah-wilayah Kesultanan Jambi.

Akibatnya, Jambi ditetapkan sebagai Keresidenan dan masuk ke dalam wilayah Nederlandsch Indie.

Residen Jambi pertama, OL Helfrich, diangkat berdasarkan Keputusan Gubernur Jenderal Belanda No. 20 tanggal 4 Mei 1906, dengan pelantikannya pada tanggal 2 Juli 1906.

Kekuasaan Belanda atas Jambi berlangsung selama ± 36 tahun hingga terjadinya peralihan kekuasaan kepada Pemerintahan Jepang pada tanggal 9 Maret 1942.

BACA JUGA:Sejarah Hubungan Turki Usmani Usmani di Masa Perjuangan Indonesia

Setelah Jepang menyerah kepada sekutunya pada tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sumatera, pada saat itu, menjadi satu Provinsi dengan Medan sebagai ibukotanya, dan Tuan Teuku Muhammad Hasan menjabat sebagai Gubernur.

Pada tanggal 18 April 1946, Komite Nasional Indonesia Sumatera memutuskan Provinsi Sumatera terdiri dari tiga Sub Provinsi, termasuk Sumatera Selatan.

Masjid Agung Al-Falah: Mengenang Sejarah Kerajaan Melayu Jambi

Kategori :