Tank Zelda Israel Merangsek Wilayah Rafah, Begini Penampakan Ranpur Tanpa Awak

Rabu 29-05-2024,22:51 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOS.COM - Tak lagi.menggubris  kecaman penjuru dunia, Israel justru melanjutkan serangan daratnya ke Rafah, wilayah di Gaza yang berbatasan langsung dengan Mesir.

Guna mengurangi jatuhnya korban pada pasukannya, laju serangan darat ke Rafah, salah satunya dilakukan Israeli Defense Forces (IDF) dengan memanfaatkan robot tank atau Unmanned Ground Vehicle (UGV) “Zelda”.

Zelda tak lain adalah varian dari ranpur APC (Armored Personel Carrier) M113 yang khusus digunakan dan dikembangkan oleh Israel sejak tahun 1973.

Namun, Zelda yang diturunkan Rafah bukanlah dari jenis konvensional, melainkan dari jenis tanpa awak (UGV).

BACA JUGA:Siap Tempur Dan Terlindungi, Rusia Tampilkan Ranpur BMP-3 dengan Proteksi ERA 4S24

Seperti dikutip Defence Blog (28/5/2024), IDF mengerahkan M113 “Zelda yang dikendalikan secara remote dari jarak jauh di Bukit Zaruub, Rafah.

Kendaraan serupa juga telah terlihat di Jabaliya baru-baru ini dan pada bulan Februari, yang menyoroti peningkatan penggunaan sistem tempur tanpa awak di daerah berisiko tinggi.

Seorang komandan IDF, yang akrab dengan teknologi ini, membenarkan bahwa M113 yang dikendalikan dari jarak jauh telah digunakan sejak awal perang.

Beberapa dari kendaraan ini dilengkapi dengan senjata anti-tank yang dikendalikan dari jarak jauh, memberikan daya tembak tambahan dan fleksibilitas operasional.

BACA JUGA:Argentina Dan Jerman Lebih Dulu Produksi Medium Tank TAM, Mirip Ranpur Harimau Pabrikan Pindad

M113 yang tidak berawak dikerahkan di daerah dengan risiko tinggi terhadap personel, dengan tujuan untuk mengurangi korban jiwa dan cedera parah selama serangan perkotaan yang kompleks.

Kendaraan-kendaraan ini meningkatkan kemampuan IDF untuk melakukan operasi di daerah padat penduduk sekaligus meminimalkan paparan bahaya bagi prajurit.

M113 “Zelda”

M113 “Zelda” memiliki beberapa modifikasi dan peningkatan dibandingkan dengan M113 standar yang mencerminkan kebutuhan dan pengalaman tempur spesifik dari IDF.


FOTO : Ranpur Israel.-Tank Zelda Israel Merangsek Wilayah Rafah, Begini Penampakan Ranpur Tanpa Awak-Indomiliter.com

Kategori :