Menyelami Keunikan dan Keikonan Kuliner Bandung: Pengalaman Rasa yang Tak Terlupakan

Kamis 18-07-2024,12:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Barat. Selain menjadi ibu kota provinsi, kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta.

Bandung tidak hanya terkenal dengan suasana perkotaannya yang ramah, tetapi juga dengan kulinernya yang membuat pengunjung selalu teringat dengan kota ini. Inilah alasan mengapa liburan ke Bandung selalu menarik.

Banyak sekali kuliner lezat di Bandung, terutama makanan khasnya. Kamu bisa menemukannya di mana saja, mulai dari restoran mewah hingga pedagang kaki lima.

Bandung, "Kota Kembang," terkenal bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga karena makanan khasnya yang lezat. Sebagai kota yang berkembang di dataran tinggi Jawa Barat, Bandung memiliki budaya kuliner yang unik dan beragam.

BACA JUGA:Desa Wisata Gunung Dempo Kota Pagaralam, Pesona Alam dan Potensi Ekonomi Kreatif

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Tempat Wisata di Sekitar Majalaya yang Wajib Dikunjungi!

Di balik setiap hidangan, terdapat cerita yang mencerminkan perpaduan budaya, tradisi, dan kreativitas warga Bandung.

Makanan di sini bukan hanya menggugah selera, tetapi juga menjadi jendela bagi kita untuk memahami sejarah dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh penduduk kota ini.

Berikut adalah 5 makanan khas Bandung yang enak dan populer:

1. Peuyeum

Peuyeum adalah makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi dengan ragi. Asal mula kuliner ini dari Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

BACA JUGA:Wisata Gunung Dempo Masuk Nominasi ADWI 2024, Begini Penilaian Kemenpar Ekraf RI

BACA JUGA:Wisata Malang 2024: Keindahan Alam dan Daya Tarik Modern yang Tak Terlewatkan

Dulunya, peuyeum digunakan sebagai makanan pengganti nasi pada zaman penjajahan. Selain disantap langsung, peuyeum juga bisa dibakar dan disiram dengan parutan kelapa serta air gula jawa, yang dikenal sebagai Colenak.

2. Surabi

Kategori :