Manfaat Luar Biasa Santan: Meningkatkan Kesehatan Jantung dan 4 Khasiat Lainnya

Selasa 11-06-2024,15:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Santan, yang merupakan bahan kuliner populer di Indonesia, terkenal karena membuat hidangan lebih lezat dan kental, seperti opor atau rendang. Tidak hanya enak, santan juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuat santan cocok digunakan dalam berbagai masakan atau sebagai minuman.

Selain rasa yang lezat, santan juga memiliki manfaat kesehatan yang telah dipercaya sejak lama. Proses pembuatan santan melibatkan parutan atau penghalusan daging kelapa yang dicampur dengan air, kemudian diperas untuk menghasilkan santan.

Jika ingin santan yang kental, gunakan sedikit air dalam campuran parutan kelapa. Untuk santan yang encer, tambahkan air lebih banyak.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Biji Nangka untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:Sisi Sehat Buah Naga: 5 Alasan Mengapa Buah Ini Baik untuk Kesehatan Anda

Berikut adalah 5 kandungan dalam santan yang penting untuk diketahui:

1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

 Meskipun santan mengandung lemak, studi dari jurnal Nutrition and Metabolism Research menunjukkan bahwa santan dapat menjaga kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah, sehingga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Memelihara fungsi otak

Santan mengandung asam lemak rantai-sedang yang mudah diserap oleh hati dan diubah menjadi keton, yang merupakan sumber energi penting untuk otak. Keton juga bermanfaat bagi orang dengan masalah ingatan, seperti Alzheimer.

BACA JUGA:5 Khasiat Tersembunyi Minyak Buah Markisa untuk Kesehatan Rambut yang Perlu Kamu Tahu

BACA JUGA:Mengapa Daun Genjer Layak Dikonsumsi? 5 Alasan Kesehatan yang Membuat Anda Terkejut

3. Mencegah kanker

Kandungan asam laurat dalam santan dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi pada minyak kelapa terhadap kanker payudara.

Kategori :