Menikmati Sajian Tradisional Khas Kaltim yang Miliki Cita Rasa Nikmat dan Lezat

Selasa 26-12-2023,17:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

BACA JUGA:7 Lokasi Pantai Buat Liburan Tahun baru Yang Ciamik Di Lampung!

Namun, di Kalimantan Timur Anda bisa mencicipi sajian sate yang berbeda dari biasanya, yakni Sate Payau.

Kuliner khas Kalimantan Timur ini tidak terbuat dari ayam ataupun kambing seperti kuliner sate pada umumnya, melainkan daging rusa.

Penggunaan daging rusa membuat kuliner khas Kalimantan Timur ini memiliki cita rasa lebih manis dan gurih dibandingkan sate ayam ataupun kambing.

Sayangnya, kuliner khas Kalimantan Timur satu ini terbilang cukup langka dan sulit ditemukan karena umumnya hanya dihidangkan pada saat acara-acara atau upacara adat saja.

BACA JUGA:Menjajal 5 Cita Rasa Lezat Makanan Khas Wonosobo

2. Ayam Cicane

Rekomendasi kuliner khas Kalimantan Timur selanjutnya ini sangat mudah ditemukan di kota Samarinda dan sekitarnya.

Jika melihatnya sekilas, mungkin kuliner khas Kalimantan Timur ini tak jauh berbeda dengan sajian ayam bakar pada umumnya.

Namun, saat menyantapnya, Anda bisa merasakan perbedaan dari cita rasa yang ditawarkan oleh kuliner khas Kalimantan Timur ini.

Sebelum dibakar, ayam terlebih dahulu direbus bersama berbagai bumbu khas dan ditambah dengan penggunaan ayam kampung, membuat cita rasa bumbu dari kuliner khas Kalimantan Timur ini lebih menyerap.

BACA JUGA:Jelajahi Wisata Kuliner Medan, 5 Tempat Nongkrong Asik yang Wajib Dicoba

Makanan khas Kalimantan Timur ini sangat mudah ditemukan di restoran-restoran ataupun warung makan saat Anda berkunjung ke Samarinda, Ibukota dari provinsi Kalimantan Timur.

3. Gance Ruan

Meskipun terdengar asing bagi masyarakat luar Kalimantan, namun kuliner khas Kalimantan Timur selanjutnya ini sangatlah populer di Kalimantan Timur dan sekitarnya.

Nama Gance Ruan dari sajian kuliner khas Kalimantan Timur ini diambil dari kata ikan “Haruan” alias ikan gabus yang menjadi bahan dasar dari makanan khas Kaltim satu ini serta “Gance” sendiri merupakan sejenis bumbu khas Kalimantan Timur yang terbuat dari berbagai rempah dan cabai serta terkenal akan cita rasanya yang pedas.

Kategori :