Empat Hotspot Gambut Ini Membara, Personel Kodim Berjibaku Padamkan Titik Api

Selasa 20-06-2023,03:45 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

RIAU, PAGARALAMPOS.COM - Cuaca ekstrem kian menjadi, keadaan ini membuat mayoritas areal gambut, belukar dan hutan di wilayah Kota Minyak – Duri rawan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Seperti yang telah terjadi sejak tiga hari terakhir, sekira empat titik api terpantau membara, Senin (19/6/2023).

Dalam keterangan tertulis Dandim 0303/Bengkalias Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, keempat titik api itu masing-masing berada di kilometer 68 Dusun II Tanjung Potai, Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Mandau.

Tepatnya pada koordinat 1°6’31” North, 101°36’29” East dengan luas lahan yang terbakar sekira 6 hektare dan pemadamannya dipimpin oleh Serka Fauzi. 

BACA JUGA:Terkait Percepatan Pemulihan Dampak Kerusuhan Haruku, Pangdam Pattimura Bilang Begini

“Memasuki hari ketiga Karhutla, seluas tiga hektare sudah padam, sisanya masih diupayakan,” kata Dandim. 

Lebih lanjut dikatakan, menyusul kemudian kasus Karhutla di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan pada koordinat 1°27’46,6” North, 101°12’53,446” East seluas 10 hektare.

Di lokasi kedua ini, keseluruhan lahan yang terbakar sudah diguyur dan statusnya padam. Saat ini, pihaknya yang dipimpin Danposramil Bathin Solapan Letda. Arh. Rickman Sinaga bersama para Babinsa dan tim gabungan termasuk armada udara Helikopter water boombing milik BNPB RI intensif lakukan pendinginan.

Lokasi ketiga terletak di jalan Mandar RT002/RW006 Kecamatan Pinggir, Bengkalis – Riau pada koordinat 1°1’54,678” North, 101°7’20,894” East. Pada lokasi ini luas lahan terbakar mencapai 3 hektare dan terus diupayakan pemadamannya oleh Babinsa Serma Suprapto, Serda Ramadhani, Serda Robby dan Kopda Yusup.

BACA JUGA:Pemetaan Wilayah Papua Dikaji, Begini Penjelasan Pangdam Kasuari Situasinya

Adapun lokasi keempat yakni lahan yang berada di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau – Duri.

Di lokasi keempat ini, Danramil 03/Mandau sendiri turun tangan bersama para Babinsa lakukan pemadaman. 

“Saya dan beberapa Babinsa lakukan pemadaman pada koordinat 1°7’25” North, 101°3’18” di Kelurahan Pematang Pudu. Lahan yang terbakar sekira 4 hektare,” ungkap Dandim.(*)

Kategori :