Bikin Penasaran Para Peneliti, Ternyata ini 5 Fakta Menarik Gunung Padang Yang Harus Kamu Ketahui!

Rabu 01-05-2024,22:54 WIB
Reporter : Almi
Editor : Almi

Jika kita coba mengulas kembali sejarah penemuan Candi Borobudur yang pada awalnya juga hanya tampak seperti bukit yang di penuhi dengan batu-batuan berukir di atasnya. 

Posisinya pun terlihat berantakan dan hanya terlihat ujung-ujungnya saja. 

Pada tahun 1814 Thomas Stamford Raffles yang pada masa itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Jawa mengerahkan 200 orang pekerja untuk membersihkan dan melakukan penggalian di bukit tersebut. 

BACA JUGA:Menyimpan Cerita Masa Lalu, Inilah 3 Legenda Yang Terdapat di Gunung Kelud

Barulah kemudian keseluruhan bangunan Candi Borobudur mulai terlihat. 

Begitu pula spekulasi para peneliti yang telah melakukan riset selama bertahun-tahun terhadap Situs Megalitikum kita yang ada di Cianjur, Jawa Barat ini. 

Berdasarkan temuan-temuan yang telah mereka peroleh di duga kuat bahwa di bawah permukaan seluas 900 meter persegi ini terdapat bangunan terpendam yang ukurannya jauh lebih besar.

Dr. Ali Akbar seorang peneliti prasejarah dari UI yang juga merupakan ketua tim riset TTRM juga mengatakan jika di lakukan penggalian di Situs Gunung Padang ini.

BACA JUGA:Ini 4 Potongan Rambut Pendek Wanita yang Serasi dengan Bentuk Wajah Kamu, Bikin Lebih Segar dan Awet Muda

Besar kemungkinan akan di temukan bangunan yang besarnya mencapai 3 kali lipat dari Candi Borobudur. 

Jika di lihat dari luas keseluruhan kompleks Candi Borobudur yang hanya 1,5 hektar, maka Situs Megalitikum Gunung Padang ini bahkan bisa mencapai 10 kali lebih luas dengan total keseluruhan luas kompleksnya yang mencapai 15 hektar.

Wow ! Hal ini juga sering di kait-kaitkan dengan misteri adanya emas dan harta karun terpendam di dalam Gunung Padang.

BACA JUGA:Misteri Gunung Lawu, Keajaiban Spiritual di Puncak yang Dipenuhi Makam

5. Menggambarkan Peradaban Dengan Teknologi Paling Tinggi Di Masanya

Berbagai hasil riset yang sudah di lakukan hingga saat ini menunjukkan bahwa arsitektur bangunan pada Situs Megalitikum Gunung Padang memiliki teknologi yang sangat maju di zamannya. 

Jika dinilai dari usianya yang mencapai 25.000 tahun maka bisa di katakan situs ini adalah yang paling purba dengan teknologi yang paling maju. 

Kategori :