Mengenal 8 Manfaat Telur Ayam Kampung Bagi Kesehatan

Sabtu 04-02-2023,10:00 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Telur ayam kampung adalah telur yang dihasilkan dari jenis ayam kampung. 

Ayam kampung adalah istilah yang diberikan untuk ayam-ayam yang dibesarkan dengan makanan alami seperti dedak, jagung, serangga, biji-bijian, nasi, dll. 

Ayam kampung tidak diberikan bahan kimia apapun sehingga pertumbuhannya alami dan lebih lama dari pada ayam negeri. 

Sementara telur ayam kampung memiliki ciri-ciri dan bentuk yang jauh berbeda dengan telur ayam negeri yang biasa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari.

BACA JUGA:Stafsus Menag RI Minta Humas PTKIN Gerakkan Potensi Humas dan Bentuk Cyber Army

Nutrisi telur jenis ini dinilai lebih tinggi dan alami daripada telur ayam negeri. Lantas, apa saja manfaat yang didapatkan dari konsumsi telur ayam kampung?

Telur ayam kampung dihasilkan dari ayam kampung. Ayam kampung bukan berarti ayam yang hidupnya di wilayah perkampungan, melainkan ayam yang dibesarkan dengan cara dibiarkan berkeliaran secara bebas dan tidak terus-menerus berada di dalam kandang.

Jenis pakan ayam negeri atau ayam ras dan ayam kampung sebenarnya tidak jauh berbeda. Akan tetapi, ayam kampung juga dibiarkan makan tanaman atau serangga ketika sedang berkeliaran.

Dengan proses pemeliharaan seperti ini, ayam kampung jadi tidak gampang stres dan telur yang dihasilkan bisa lebih berkualitas serta lebih sehat jika dibandingkan dengan telur ayam negeri.

BACA JUGA:Menkes Berikan Penghargaan Kepada Pokja RCCE Atas Kerja Sama Dalam Penanganan Covid-19

Manfaat Telur Ayam Kampung

Sebutir telur ayam kampung mengandung sekitar 35−40 kkal. Selain itu, telur ayam kampung kaya akan protein serta berbagai nutrisi lain, seperti lemak, fosfor, kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan biotin. Berkat nutrisi tersebut, konsumsi telur ayam kampung dapat memberikan manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan energi

Mengonsumsi telur ayam kampung bisa membuat tubuh lebih bertenaga. Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan protein, lemak, dan fosfor di dalamnya. Terlebih, telur ayam kampung juga mengandung zat besi dan zinc yang berperan dalam menambah energi.

BACA JUGA:Kementrian ESDM Terus Dorong Pembangunan Infrastruktur EBTKE untuk Rakyat

Kategori :