ATR/BPN Perkuat Strategi Komunikasi Publik yang Edukatif dan Transformasional
ATR/BPN Perkuat Strategi Komunikasi Publik yang Edukatif dan Transformasional-net-kolase
PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus memperkuat komunikasi publik melalui pendekatan yang lebih strategis, edukatif, dan partisipatif.
Komitmen ini ditegaskan dalam Sosialisasi Strategi Komunikasi, Informasi Publik dan Layanan Pengaduan yang diselenggarakan secara daring pada Senin (21/07/2025) beberapa hari yang lalu oleh Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol ATR/BPN.
Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Ossy Dermawan, yang membuka kegiatan tersebut, menekankan bahwa komunikasi publik kementerian tidak boleh sekadar bersifat informatif, melainkan juga edukatif dan transformasional.
BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Ajak IPPAT Berperan Aktif dalam Transformasi Layanan Pertanahan
“Komunikasi publik kita harus mampu membangun kepercayaan masyarakat, mendidik mereka tentang hak-hak pertanahan, serta menjadi jembatan antara negara dan rakyat.
Jadi, tidak hanya informatif, tetapi juga edukatif, partisipatif, dan transformasional,” tegas Ossy.
Menurutnya, saat ini terdapat dua wajah komunikasi di lingkungan ATR/BPN.
Di satu sisi, kantor wilayah dan kantor pertanahan cukup aktif menyampaikan informasi.
BACA JUGA:Dirjen PPTR ATR/BPN Tegaskan Tanah Kosong Tak Serta Merta Diambil Negara
Namun di sisi lain, komunikasi masih cenderung reaktif dan belum terintegrasi secara menyeluruh.
Untuk itu, Beliau menilai pentingnya sosialisasi seperti ini dilakukan secara rutin dan menyeluruh, guna membangun sistem komunikasi yang kuat, konsisten, dan dapat dipercaya publik.
“Hari ini, yang menang bukan siapa yang paling keras bersuara, tetapi siapa yang paling dipercaya.
Membangun trust masyarakat menjadi fondasi utama keberhasilan komunikasi publik kita,” tambahnya.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
