Maksimalkan Hasil Pertanian Dongkrak Perekonomian

Maksimalkan Hasil Pertanian Dongkrak Perekonomian

PERTANIAN: Salahsatu budidaya Jeruk Gerga yang menjadi andalan komditi pertanian di Kecamatan Dempo Utara. -FOTO: dok/Pagaralam Pos-

DEMPO UTARA, PAGARALAMPOS.CO - Kota Pagaralam sendiri mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah.

Sejurus menjadikan mata pencaharian mayoritas masyarakat adalah petani.

Seperti halnya di Kecamatan Dempo Utara, masyarakat disana optimis perekonomian dapat bangkit pasca pandemi Covid-19.

Sudah dua tahun terakhir ekonomi masyarakat di berbagai penjuru daerah mengalami keterpurukan, membuat ekosistem perputaran rupiah menjadi lumpuh, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi petani di Kota Pagaralam, yang harus mampu menghadirkan inovasi guna mendongkrak penghasilan.

Guna mendukung kemajuan ekonomi petani di wilayah Kecamatan Dempo Utara, pihak Kecamatan terus mengajak masyarakat meningkat kualitas hasil pertanian khususnya di wilayah Dempo Utara.

Camat Dempo Utara Ardiansyah, didampingi Sekcam Dadang Kurniajaya mengatakan, banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk pemulihan ekonomi, salah satunya dengan meningkatkan kualitas hasil bumi,

"salah satu cara agar petani kopi dapat meningkatkan yakni dengan produksi kopi petik merah, yang saat ini sudah digaungkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) melalui program sambung pucuk," kata Ardiansyah saat di wawancarai koran ini, Selasa (30/8) siang.

Sebab, lanjut Ardiansyah, sangat disayangkan jika masyarakat tidak mampu mengolah potensi yang sudah sejak lama dimiliki oleh penduduk asli tanah Besemah, apalagi kualitas kopi yang baik akan dapat dipasarkan sampai ke luar negeri.

BACA JUGA:Benahi Internal Kelurahan

"Sebaiknya, petani harus jeli lagi melihat peluang, dengan tidak mengikuti apa yang ditanam orang lain, petani harus punya pilihan tersendiri dalam menetukan tanaman apa yang akan ditaman pada musim tanam, sehingga keuntungan yang di dapatkan nantinya lebih tinggi, sebab jumlahnya tidak membludak di pasaran," ujarnya.

BACA JUGA:Sidorejo Jadi Kampung Tangguh Narkoba

Ditambahkan Ardiansyah, Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebaiknya dapat lebih luas lagi melihat peluang usaha dengan memanfaatkan sektor pariwisata, produk-produk yang telah siap dijual bisa dijual di tempat-tempat wisata.

BACA JUGA:Bikin Lalin Tersendat, Antrean Kendaraan ‘Mengular’ 

"Salah satu yang menjadi keunggulan di wilayah Kecamatan Dempo Utara yakni kebun Jeruk Gerga seperti di Dusun Langur Indah, Kelurahan Agung Lawangan, dengan harapan nantinya Jeruk tersebut dapat lebih dikenal lagi agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya. (FA15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: