Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Awet dan Tahan Lama-net-net

Sayur: Sebagian besar sayuran, seperti brokoli, wortel, dan selada, lebih baik disimpan di kulkas. Anda bisa memasukkannya ke dalam kantong plastik berlubang atau wadah kedap udara untuk menjaga kelembapan.

Buah: Buah seperti apel, jeruk, dan anggur bisa disimpan di kulkas, sementara pisang dan tomat lebih baik disimpan di suhu ruangan.

BACA JUGA:Menjelajahi Berbagai Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh!

4. Menggunakan Wadah yang Tepat

Wadah penyimpanan juga mempengaruhi kesegaran sayur dan buah. Gunakan wadah yang sesuai untuk jenis sayur dan buah yang Anda simpan. Berikut adalah beberapa tips:

Kantong Plastik Berlubang: Cocok untuk sayuran berdaun seperti selada atau bayam, yang memerlukan sirkulasi udara.

Wadah Kedap Udara: Bagus untuk buah-buahan seperti berry, yang lebih mudah rusak. Pastikan untuk tidak menumpuk terlalu banyak agar tetap mendapatkan sirkulasi udara.

Kertas Dapur: Anda bisa membungkus sayur-sayuran tertentu dengan kertas dapur untuk menyerap kelembapan dan mencegah pembusukan.

BACA JUGA:10 Jenis Buah yang Efektif Menjaga Kesehatan Ginjal: Temukan Rahasia Alam!

5. Hindari Menyimpan Bersama

Beberapa buah dan sayur menghasilkan etilen, gas yang dapat mempercepat proses pematangan. Oleh karena itu, penting untuk tidak menyimpan sayur dan buah yang menghasilkan etilen bersama dengan yang tidak. Contohnya:

Buah yang Menghasilkan Etilen: Apel, pisang, dan tomat.

Buah dan Sayur yang Sensitif terhadap Etilen: Brokoli, selada, dan mentimun.

6. Menyimpan dalam Suhu yang Stabil

Hindari fluktuasi suhu yang drastis saat menyimpan sayur dan buah. Suhu yang tidak stabil dapat mempercepat pembusukan. Pastikan kulkas Anda berfungsi dengan baik dan tidak terlalu sering dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: