Apa yang Menjadikan Harta Karun Emas di Bukit Sumatera Utara Terbesar di Dunia? Cari Tahu Jawabannya!

Apa yang Menjadikan Harta Karun Emas di Bukit Sumatera Utara Terbesar di Dunia? Cari Tahu Jawabannya!

Harta Karun Emas di Sumatera Utara yang Tersembunyi di Dalam Punggung Bukit -Kolase by Pagaralampos.com-net

BACA JUGA:Eksplorasi Peninggalan Belanda di Rejang Lebong, Dari Tambang Emas Hingga Arsitektur Kolonial yang Bersejarah

Mereka mendesak agar area kerja Agincourt yang berbenturan dengan hutan lindung diperluas dan meminta penegakan hukum untuk membatalkan izin perusahaan di kawasan ekosistem Batang Toru. 

Kekhawatiran akan dampak negatif eksplorasi ini semakin nyata ketika pada Januari 2024, Agincourt mengumumkan bahwa mereka akan memperluas wilayah eksplorasi ke bagian utara yang tumpang tindih dengan area KBA (Key Biodiversity Area) Batang Toru.

Konsesi Martabe merupakan yang terbesar di wilayah ekosistem Batang Toru dengan luas mencapai 130.429 hektar. 

Pada Januari 2022, luas area tambang aktif mencapai 509 hektar, di mana 114 hektar berada dalam tumpang tindih dengan ekosistem Batang Toru. 

BACA JUGA:Menggali Warisan Belanda di Kabupaten Lebong, Tambang Emas dan Bangunan Bersejarah

Dari total proyeksi area tambang yang mencapai 918 hektar, sekitar 341 hektar diperkirakan akan tumpang tindih dengan ekosistem tersebut.

Meski perusahaan menyatakan bahwa mereka mematuhi semua rekomendasi strategi mitigasi, kekhawatiran tentang dampak eksplorasi terhadap lingkungan dan spesies langka seperti orangutan Tapanuli tetap menjadi perhatian utama bagi aktivis lingkungan.

 

Source: www.harianhaluan.com - Lokasi Harta Karun Emas di Sumatera Utara yang Tersembunyi di Dalam Punggung Bukit Ternyata Terbesar di Indonesia dan di Dunia

https://www.harianhaluan.com/news/1012315548/lokasi-harta-karun-emas-di-sumatera-utara-yang-tersembunyi-di-dalam-punggung-bukit-ternyata-terbesar-di-indonesia-dan-di-dunia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: