Pemilu Amerika Serikat: Israel Dukung Trump, atau Harris

Pemilu Amerika Serikat: Israel Dukung Trump, atau Harris

Pemilu Amerika Serikat: Israel Dukung Trump, atau Harris-Kolase by Pagaralampos.com-net

Publik AS yang memahami Trump, menganggap ungkapan Israel punah, bila Harris menang sebagai 'hiperbol' (berlebihan). Ungkapan sebagai paling pro-Israel, baik oleh pendukung Trump maupun pendukung Harris. Merupakan manifestasi kuatnya lobi Yahudi di Kongres AS. 

Keduanya, tak akan mampu lepas dari "pressure" lobi Yahudi , untuk terus membenarkan "hukuman" kolektif (berlebihan) Israel terhadap bangsa Palestina, pasca 7 Oktober 2023 lalu.

Eskalasi konflik Hamas-Israel yang telah melebar kemana-mana, tentu tidak mudah bagi Kamala Harris, maupun Donald Trump untuk menjanjikan penyelesaian komprehensif  Hamas-Israel.

BACA JUGA:Demi Surat Penangkapan Pemimpin Israel, Jaksa ICC Batalkan Kunjungan ke Gaza

Pertikaian berdarah Hamas-Israel adalah "kanker" dan akar akut penyakit di kawasan Timur Tengah . Selesaikan persoalan Palestina-Israel secara adil, maka seluruh konflik Timur Tengah akan berakhir.  

Karena itu, siapa pun pemenang Pemilu AS 5 November nanti,  akan memasuki dimensi "agak laen".  Dimensi membela kebenaran (HAM), atau membela perkoncoan (AS-Israel). 

Penyakit konflik sudah diketahui, namun obat yang tepat belum digunakan. Semoga politik "isolasionisme" bisa diterapkan oleh AS, siapa pun pemenangnya. Harris, atau Trump.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: