Bantu Turunkan Kolesterol, Ini Kandungan dan Manfaat Buah Pisang yang Perlu Diketahui

Bantu Turunkan Kolesterol, Ini Kandungan dan Manfaat Buah Pisang yang Perlu Diketahui

Bantu Turunkan Kolesterol, Ini Kandungan dan Manfaat Buah Pisang yang Perlu Diketahui-Net.-Net.

PAGARALAMPOS.COM - Pisang adalah buah yang tidak hanya populer karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, tetapi juga karena manfaat kesehatan yang signifikan.

Salah satu manfaat kesehatan utama pisang adalah kemampuannya dalam membantu mengelola kadar kolesterol.

Berikut adalah penjelasan mendalam mengenai bagaimana pisang dapat berkontribusi terhadap pengelolaan kolesterol dalam tubuh:

1. Kandungan Serat Larut

Pisang mengandung serat larut, terutama pektin, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Pektin bekerja dengan cara mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan menghilangkannya dari tubuh melalui feses. Dengan mengurangi kolesterol LDL, pisang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Perlu Tahu! Manfaat Dari Cuka Apel Bagi Kesehatan Tubuh!

2. Kandungan Kalium

Pisang adalah sumber kalium yang sangat baik. Kalium memainkan peran penting dalam mengontrol tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, yang seringkali berhubungan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Dengan menjaga tekanan darah tetap dalam rentang normal, pisang turut mendukung pengelolaan kolesterol.

3. Antioksidan dan Vitamin C

Pisang juga mengandung antioksidan dan vitamin C. Antioksidan ini membantu melawan stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Dengan mengurangi kerusakan oksidatif, pisang dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

BACA JUGA:Mengulik Manfaat Biji Adas, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: