Cuaca Ekstrim Waspada Pohon Tumbang

Cuaca Ekstrim Waspada Pohon Tumbang

Foto : Personel Pusdalops BPBD Pagar Alam melakukan pembersihan di lokasi pohon tumbang--Pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM – Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam baru-baru ini melakukan evakuasi terhadap pohon yang hampir tumbang di Jalan Gunung Dempo, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam. 

Pohon yang hampir tumbang ini menimbulkan ancaman serius bagi para pengguna jalan di sekitarnya. Kejadian ini dilaporkan oleh warga sekitar yang merasa khawatir akan keselamatan mereka dan pengguna jalan lain yang melintasi area tersebut.

Setelah menerima laporan, tim PUSDALOPS-PB BPBD Kota Pagaralam langsung bergegas menuju lokasi untuk mengevakuasi pohon yang hampir tumbang tersebut. 

Tindakan cepat ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kerusakan lebih lanjut akibat pohon yang berpotensi tumbang.

BACA JUGA:Pohon Tumbang di Dusun Rempasai Kota Pagaralam Akibatkan Pemadaman Listrik dan Gangguan Lalu Lintas

Setibanya di lokasi, tim langsung melakukan penilaian situasi untuk memastikan langkah-langkah evakuasi dapat dilakukan dengan aman dan efektif. 

Tim PUSDALOPS-PB menggunakan peralatan khusus untuk memotong dan mengangkat pohon tersebut agar tidak menghalangi jalan dan membahayakan pengendara.

Selama proses evakuasi tim juga memastikan bahwa lalulintas di sekitar area tersebut tetap aman dan terkendali, dengan beberapa petugas mengatur arus lalulintas untuk menghindari kemacetan dan memastikan keselamatan para pengguna jalan.

Kepala BPBD Kota Pagaralam, Jhon Hasman menuturkan bahwa evakuasi pohon ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan BPBD Kota Pagaralam.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Picu Kewaspadaan, BPBD Imbau Masyarakat Waspada Pohon Tumbang, Begini Kata Jon Hasman!

Dalam menjaga keselamatan warga dan pengendara dari potensi bahaya yang disebabkan oleh bencana alam atau situasi darurat lainnya. 

“Kecepatan dan ketepatan tindakan tim PUSDALOPS-PB dalam merespons situasi darurat ini menunjukkan kesiapsiagaan dan dedikasi dalam menjalankan tugasnya untuk melindungi masyarakat,” ungkap Jhon Hasman.

Dengan berhasilnya evakuasi pohon yang hampir tumbang ini BPBD Kota Pagaralam mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi sekitar.

Terutama pada musim hujan atau cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan pohon tumbang atau longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: