Terapkan PHBS, Waspadai Penyakit Ini Saat Pancaroba

Terapkan PHBS, Waspadai Penyakit Ini Saat Pancaroba

Foto : Hendra Jaya, Lurah Prahu Dipo--pagaralampos.com

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM– Pihak Kelurahan Prahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan, mengimbau seluruh warga untuk menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) selama musim pancaroba ini.

Imbauan ini diberikan untuk mencegah penyebaran penyakit, seperti diare, penyakit kulit, dan demam berdarah yang rentan terjadi pada perubahan cuaca ekstrem.

Lurah Prahu Dipo, Hendra Jaya, menjelaskan bahwa kondisi cuaca yang sering berubah-ubah, dari panas terik ke hujan mendadak, dapat memicu munculnya berbagai penyakit. 

Pada kondisi cuaca yang cenderung sering panas dan tiba-tiba hujan seperti saat ini, rawan menimbulkan berbagai penyakit.

"Untuk itu, kita terus berupaya mengajak warga untuk terus menerapkan PHBS di lingkungan tempat tinggal,” ucap Hendra.

Ia juga menegaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk mencegah bencana seperti banjir dan berkembangnya sarang nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD). 

Menurut Hendra, PHBS harus diterapkan secara rutin, dimulai dari diri sendiri dengan kesadaran penuh akan pentingnya perilaku hidup sehat.

PHBS penting untuk diterapkan, dengan membiasakan perilaku hidup sehat atas kesadaran sendiri.

"Sebab, semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sendiri akan menularkan ke anggota keluarga, kita mulai dari diri sendiri,” tambahnya.

Hendra juga berharap, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan, lingkungan Kelurahan Prahu Dipo akan lebih sehat dan bebas dari penyakit. Salah satu caranya adalah dengan menggalakkan budaya gotong royong.

“Yang terpenting ialah kesadaran masyarakat, jika kesadaran masyarakat sudah meningkat, maka secara konsisten lingkungan yang bersih itu terus kita jaga,” pungkasnya.

Upaya Kelurahan Prahu Dipo dalam mengedukasi warga tentang PHBS dan mengajak mereka bergotong royong adalah langkah nyata untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Terutama di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini. Diharapkan, dengan kerja sama seluruh warga, wilayah ini akan terhindar dari berbagai ancaman penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: