Menjelajahi 7 Desa Adat di Jawa Barat, Begini Keunikan Tradisinya

Menjelajahi 7 Desa Adat di Jawa Barat, Begini Keunikan Tradisinya

Fotk : Kampung adat di Jawa barat.--Bobobox.com

BACA JUGA: Mengupas Sejarah Suku Batak Pakpak dengan Tradisi dan Budaya yang Menarik

Karena peraturan tersebut sudah menjadi tradisi warga Kampung Dukuh Dalam untuk  membantu pelestarian tumbuhan di dalam dan sekitar hutan!

6. Kampung Urug

Kampung Adat Urug terletak di Desa Kiara Pandak, Kecamatan Sukajaya, sekitar 42 km dari Cibinong. Seperti kampung adat lainnya, kampung ini masih memegang teguh nilai-nilai tradisi leluhur yang diwariskan dari zaman dulu.

Ciri khas pemukiman di sini adalah rumah-rumah adat yang memiliki kolong dan lumbung padi yang disebut leuit.

Arsitektur rumahnya mengikuti tradisi Sunda dengan gaya julang ngapak dan jago anjing. Uniknya, masyarakat di Kampung Urug semuanya masih berkerabat dekat dikenal dengan istilah Tatali Kahuripan, yang menggambarkan ikatan persaudaraan yang kuat.

BACA JUGA:Mengenal Angklung: Begini Sejarah Alat Musik Tradisional yang Telah Mendunia!

Kepemimpinan adat di Kampung Urug dipegang oleh Ki Kolot Ukat, keturunan kesembilan dari pendiri kampung.

Ada tiga pemimpin utama di sini: Ki Kolot Ukat (menjaga adat istiadat), Ki Kolot Amat (mengatur masyarakat), dan Ki Kolot Tengah (mempertahankan tradisi serta sejarah kampung).

Kampung ini sudah ada sejak 450 tahun lalu, sezaman dengan Prabu Nilakendra.

Saat ini, Kampung Adat Urug menjadi destinasi wisata dengan rata-rata kunjungan 80-100 orang per bulan. Bahkan, bisa mencapai 600-800 orang/hari pada hari besar.

7. Kampung Cikondang

Kampung Adat Cikondang di Desa Lamajang, Pangalengan, Kabupaten Bandung, adalah situs bersejarah yang terletak di kaki Gunung Tilu.

Awalnya ada 61 rumah adat yang dibangun pada abad ke-17. Namun, kini hanya tersisa satu rumah setelah kebakaran besar di abad ke-19.

Untuk mencapai desai seluas 3 hektar ini, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Kota Bandung melalui Kecamatan Banjaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: