Destinasi Wisata Megalitikum: Temukan Pesona 6 Desa dengan Situs Prasejarah yang Memukau

Destinasi Wisata Megalitikum: Temukan Pesona 6 Desa dengan Situs Prasejarah yang Memukau

Destinasi Wisata Megalitikum: Temukan Pesona 6 Desa dengan Situs Prasejarah yang Memukau-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia dikenal dengan kekayaan suku, budaya, dan destinasi wisata yang beragam. Beberapa desa wisata megalitikum di Indonesia terkenal dengan peninggalan zaman batu besar, atau megalitikum, di mana masyarakat menggunakan peralatan besar dari batu.

Desa wisata megalitikum menawarkan pemandangan sejarah peradaban masa lampau yang masih bisa kita lihat hingga saat ini. Berikut adalah enam desa wisata megalitikum yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia:

1. Desa Kamal

   Terletak di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Desa Kamal memiliki peninggalan megalitikum seperti batu kenong, tugu batu, dan menhir. Artefak ini dapat ditemukan di berbagai lokasi, termasuk persawahan dan rumah warga.

2. Kampung Bena

   Berada di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kampung Adat Bena Bajawa memiliki rumah-rumah yang mengikuti kontur tanah, sehingga terlihat berundak. Kampung ini diperkirakan sudah ada sejak 1.200 tahun lalu, dengan batu besar bernama Watu Lewa sebagai bukti.

3. Kampung Siallagan

   Kampung Siallagan, yang berlokasi di Huta Siallagan-Pindaraya, Ambarita, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, memiliki area seluas sekitar 2.400 meter persegi yang dikelilingi oleh tembok batu setinggi 1,5-2 meter. Kampung ini dekat dengan destinasi wisata unggulan di kawasan tersebut.

4. Desa Bawomataluo

   Dikenal dengan tradisi "Lompat Batu", Desa Bawomataluo berada di Kecamatan Fanayama, Nias Selatan, Sumatera Barat. Desa ini telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, dengan situs megalitikum terkenal bernama Tetegewo.

5. Desa Patemon 

   Berlokasi di Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur, Desa Patemon memiliki batu Megasit atau batu berundak dan Sarkofagus, peti mati dari zaman megalitikum. Sarkofagus di sini dikenal sebagai yang terbesar di Pulau Jawa.

6. Kampung Praiyawang 

   Terletak di Desa Rindi, Kabupaten Sumba Timur, NTT, Kampung Praiyawang menawarkan peninggalan megalitikum dan budaya yang kuat. Suasana kuno dan magis terlihat dari arsitektur rumah dan kuburan tua yang ada di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: