Menyelami Kekayaan Budaya Sumatera Selatan: Suku-suku dari Pinggir Sungai hingga Perbukitan

Menyelami Kekayaan Budaya Sumatera Selatan: Suku-suku dari Pinggir Sungai hingga Perbukitan

Menyelami Kekayaan Budaya Sumatera Selatan: Suku-suku dari Pinggir Sungai hingga Perbukitan-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Sumatera Selatan dikenal dengan keindahan alam dan sejarah panjangnya yang mencakup Kerajaan Sriwijaya. Keberagaman budayanya sangat terlihat dari berbagai suku yang tinggal di wilayah ini.

Suku Komering

Menyebar di sepanjang aliran Sungai Komering dan meluas hingga ke provinsi Lampung, suku ini terdiri dari beberapa marga seperti Sosoh Buay Rayap dan Semendawai. Kisah mereka seringkali terhubung dengan suku Batak, menyoroti asal-usul dan hubungan antarsuku yang kaya.

Suku Gumai

Terletak di Kabupaten Lahat, Suku Gumai dulunya merupakan satu marga dan kini terbagi menjadi Gumai Lembak dan Gumai Ulu. Mereka menjaga tradisi budaya mereka dengan sangat baik, yang membentuk identitas mereka di tengah perkembangan zaman.

Suku Kayuagung

Mendiami Kabupaten Ogan Komering Ilir, suku ini mempraktikkan tradisi Islam sambil mempertahankan kepercayaan lokal terhadap roh nenek moyang. Ritual seperti pemakaman dengan kembang adalah bagian dari warisan spiritual mereka.

Suku Semendo

Berada di Kabupaten Muara Enim, suku ini terbagi menjadi Semende Darat dan Semende Lembak. Mereka merupakan keturunan suku Banten yang merantau ke Sumatera dan menetap di sana beberapa abad lalu.

Suku Melayu Lintang

Tinggal di kawasan pegunungan Bukit Barisan, suku ini hidup dari pertanian dan peternakan. Bahasa mereka, Bahasa Melayu Barisan Selatan, menjadi salah satu ciri khas yang membedakan mereka.

Suku Sekayu

Dominan sebagai petani di Kabupaten Musi Banyuasin, suku ini cenderung menetap di sekitar Sungai Musi dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana.

Suku Rawas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: