Aktifkan Siskamling, Kunci Utama Mewujudkan Keamanan Lingkungan di Dempo Makmur

Aktifkan Siskamling, Kunci Utama Mewujudkan Keamanan Lingkungan di Dempo Makmur

Aktifkan Siskamling, Kunci Utama Mewujudkan Keamanan Lingkungan di Dempo Makmur--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan permukiman, pihak Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, gencar mengimbau serta mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di masing-masing RT.

Langkah ini dipandang krusial dalam mencegah berbagai ancaman dan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Lurah Dempo Makmur, Shizuka Martinsah, menekankan betapa pentingnya menjaga keamanan lingkungan sebagai upaya preventif terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Melalui imbauan secara langsung maupun melalui peran aktif RT/RW, ia mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengaktifkan kembali Siskamling.

BACA JUGA:Kesadaran Wajib Pajak Dukung Realisasi PBB di Kuripan Babas

“Salah satu upaya yang dapat mendukung keamanan tersebut adalah dengan mengaktifkan kembali Siskamling di tiap RT yang ada, supaya lingkungan pemukiman benar-benar aman dan kondusif sesuai dengan apa yang kita inginkan,” ujar Shizuka.

Saat ini, situasi musim paceklik menambah urgensi dari upaya tersebut.

Shizuka menekankan bahwa memperketat keamanan lingkungan permukiman masyarakat sangat penting demi kenyamanan serta menghindarkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap warga.

“Diharapkan seluruh masyarakat bisa bersinergi untuk meningkatkan keamanan lingkungan yang dimaksud,” tambahnya.

BACA JUGA:Ukraina Minta Tentara Rusia Mundur, Mengejutkan Begini Respon Putin

Pentingnya Siskamling dalam Menjaga Keamanan Lingkungan

Siskamling, atau Sistem Keamanan Lingkungan, merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar.

Melalui Siskamling, warga secara bergantian melakukan ronda malam, mengawasi situasi sekitar, dan melaporkan setiap aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang.

Di Kelurahan Dempo Makmur, inisiatif ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, mulai dari pencurian hingga tindak kejahatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: