Keindahan Gili Genting Sumenep: Wisata Dengan Keindahan Alam Memukan, Ternyata Lama Ditinggal Penduduknya

Keindahan Gili Genting Sumenep: Wisata Dengan Keindahan Alam Memukan, Ternyata Lama Ditinggal Penduduknya

Keindahan Gili Genting Sumenep-Kolase by pagaralampos.com-Net

PAGARALAMPOS.COM - Pulau Gili Genting, yang terletak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, merupakan salah satu permata alam yang menawarkan pesona yang memukau.

Dengan luas mencapai 30,31 kilometer persegi, pulau ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga kaya akan sejarah dan budaya yang menarik.

Mayoritas penduduknya adalah suku Madura, yang memiliki akar budaya yang kuat di wilayah ini.

Administratif, Gili Genting merupakan bagian dari Kecamatan Giligenting yang resmi terbentuk pada tahun 1982 berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 7 Tahun 1982.

BACA JUGA:Menikmati Keindaham Gunung Ciwaru, Wisata Alam yang Memukau Cocok Untuk Healing

Kecamatan ini terdiri dari delapan desa, di antaranya adalah Desa Aenganyar, Gedugan, Bringsang, Galis (Pulau Gili Genting), Banbaru, Ban Maleng, Lombang, dan Jate (Pulau Gili Raja).

Pusat kegiatan administratifnya berada di Gili Genting, yang menjadi pusat kehidupan sosial dan ekonomi di wilayah tersebut.

Salah satu fenomena yang menarik dari masyarakat Gili Genting adalah tradisi merantau ke kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Serang, Cirebon, dan Banten untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Banyak dari mereka yang membuka usaha toko sembako di perantauan, seperti yang terlihat dari sekitar 500 toko sembako milik warga asal Kecamatan Giligenting yang tersebar di Cirebon, Jawa Barat.

BACA JUGA:Wajib Banget Kamu Kunjungi! Inilah 5 Rekomendasi Wisata Pantai Paling Hits di Lampung Selatan

Meskipun berada jauh dari tanah kelahiran, mereka tetap menjaga persaudaraan dan kebersamaan, yang dibuktikan dengan pendirian organisasi IKAMA (Ikatan Keluarga Madura) untuk menjaga silaturahmi antarperantau.

Pesona alam Gili Genting tak kalah memukau dengan sejarah dan budayanya.

Pulau ini menawarkan berbagai atraksi wisata yang menarik, seperti pantai-pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih.

Salah satu pantai terkenal di Gili Genting adalah Pantai Sembilan, yang dinamakan demikian karena bentuknya yang menyerupai angka sembilan yang terbentuk alami dari gundukan pasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: