Tak Hanya Mencerahkan Gigi! Yuk Simak Khasiat Luar Biasa Arang Aktif Bagi Kesehatan

Tak Hanya Mencerahkan Gigi! Yuk Simak Khasiat Luar Biasa Arang Aktif Bagi Kesehatan

Tak Hanya Mencerahkan Gigi! Yuk Simak Khasiat Luar Biasa Arang Aktif Bagi Kesehatan -Foto: net-

2. Meredakan keracunan

Arang aktif juga dapat meredakan keracunan makanan karena daya serapnya yang tinggi. Permukaan arang yang penuh pori membantu menyerap zat-zat beracun, mengurangi penyerapan racun oleh tubuh, dan membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya melalui proses pencernaan. Arang aktif lebih efektif jika diberikan segera setelah terjadi keracunan; semakin cepat diberikan, semakin baik dalam mengurangi penyerapan racun.

3. Mengusir bau badan

Bau badan sering kali disebabkan oleh bakteri yang hidup di permukaan kulit dan memecah keringat. Arang aktif memiliki kemampuan adsorpsi yang kuat, memungkinkan arang menyerap bau badan dan bahan kimia dari kulit dan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Simak Rahasia Tersembunyi dari Labu Kuning yang Mampu Jaga Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Tau Gak? Ternyata Kacang Buncis Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Loh!

Karena itu, produk perawatan tubuh seperti deodoran, sabun, dan scrub yang mengandung arang aktif bisa membantu mengurangi bau badan.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Arang aktif kadang-kadang digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan, terutama yang berhubungan dengan perut kembung. Dengan daya serapnya yang tinggi, arang bisa cepat menyerap zat-zat berbahaya, gas, dan racun dari saluran pencernaan. Dalam beberapa kasus, arang aktif mungkin membantu mengurangi gejala kembung dan diare ringan, terutama jika disebabkan oleh produksi gas berlebih.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa arang aktif berpotensi menurunkan kadar kolesterol, terutama kolesterol jahat atau LDL. Kemampuannya dalam menyerap kolesterol LDL dari saluran pencernaan dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Namun, hasil penelitian masih terbatas dan tidak konsisten, sehingga efektivitas arang aktif sebagai penurun kolesterol masih diperdebatkan di kalangan komunitas medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: