Gelar Ramp Check, Korlantas Temukan Bus Tak Laik Jalan Sebanyak Ini

Gelar Ramp Check, Korlantas Temukan Bus Tak Laik Jalan Sebanyak Ini

Foto : Pengecekan bus oleh Korlantas polri.-Gelar Ramp Check, Korlantas Temukan Bus Tak Laik Jalan Sebanyak Ini-Humas Polri

PAGARALAMPOS.COM – Korlantas Pori mengumumkan ratusan bus tidak dapat beroperasi. Hal ini setelah dilakukan pemeriksaan loket bus di 262 lokasi.

Karena saya melihat dan mendengar beberapa kejadian terjadi di bus wisata ini. Kami melakukan pengecekan di seluruh Indonesia.

"Hasilnya, kurang lebih 5.283 bus yang kami periksa, dan 4.435 bus ditemukan dalam kondisi baik, baik secara administrasi maupun fisik,'' kata disela pemeriksaan di PO Bus Liburan, Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 28 Mei 2024.

“Dan terdapat 834 bus yang tidak layak pakai, yang sudah ada di 262 lokasi, dan kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan ramp check,” imbuhnya.

BACA JUGA:Resmi, Korlantas Polri Terbitkan SIM C1, Syaratnya Harus Lulus Ujian Ini

Pada pertemuan tersebut Wakil Komisioner menyampaikan standar keselamatan kendaraan yang biasa digunakan sebagai bus wisata dan bus antar kota (AKAP).

"Sejak tanggal 15 Mei lalu, Kakorlantas sudah rapat dengan Menteri Perhubungan tentang pembangunan bus wisata yang aman,'' kata Aan Suhanan.

Dia juga mengatakan, kunjungan ke Bandung memang menarik perhatian baru-baru ini itu untuk memastikan standar keselamatan bus wisata.

Kakorlantas juga mengungkapkan masih ada operator bus yang mengabaikan atau mengabaikan standar keselamatan.

BACA JUGA:Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Subang, Kakorlantas: Tak Temukan Jejak Rem di Lokasi Lakalantas

Keadaan seperti ini dapat berdampak besar terhadap penumpang yang diangkut dan nama perusahaan bus tersebut.

Pertama, tidak melakukan uji kelayakan secara rutin karena ditemukan beberapa KIR yang dinonaktifkan atau tidak berlaku lagi.

"Ada beberapa kendaraan yang secara fisik dan teknis tidak layak jalan,'' tegasnya.

Bagi yang menggunakan bus wisata, harap periksa kesesuaian bus Anda. Untuk menjamin keamanan pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: