Rusia Genjot Produksi Amunisi Arteleri, Saingi Pasokan Barat Untuk Ukraina

Rusia Genjot Produksi Amunisi Arteleri, Saingi Pasokan Barat Untuk Ukraina

Foto : Amunisi Arteleri.-Rusia Genjot Produksi Amunisi Arteleri, Saingi Pasokan Barat Untuk Ukraina-Indomiliter.cok

PAGARALAMPOS.COM - Jauh dari surut, perang Rusia versus Ukraina yang telah memasuki tahun ketiga justru kian berkobar. Dan diantara jenis senjata yang masif digunakan adalah penggunaan artileri medan oleh kedua belah pihak.

Jika Ukraina sepenuhnya mengandalkan pasokan dari negara-negara Barat. Menyikapi itu, Rusia berupaya menggenjot produksi amunisi artileri dari dalam negeri.

Mengingat jalannya peperangan yang intens, maka menjadi pertanyaan, berapa banyak amunisi yang diproduksi Rusia? Serta berapa kocek yang dibutuhkan untuk memproduksinya.

Setiap hari, industri senjata Rusia disebut menghasilkan 12.320 amunisi artileri, yang masing-masing membutuhkan biaya produksi sekitar $1.000. Jumlah ini berarti 375.000 amunisi artileri setiap bulan dan 4,5 juta amunisi per tahun.

BACA JUGA:Sinyal Peringatan Barat, Rusia Latihan Senjata Nuklir Taktis Diperbatasan Ukraina

Dilansir Bulgarianmilitary.com, nominal tersebut di atas berasal dari perusahaan konsultan yang berbasis di Boston, Bain & Company Inc.

Juga dibeberkan Sky News. Menurut Bain & Company, Rusia diperkirakan akan memproduksi sekitar 4,5 juta amunisi artileri pada tahun 2024.


Foto : Amunisi Arteleri.-Rusia Genjot Produksi Amunisi Arteleri, Saingi Pasokan Barat Untuk Ukraina-Indomiliter.cok

Meskipun tidak jelas berapa banyak amunisi artileri yang ditemukan dan digunakan kembali, tingkat produksi ini jauh lebih tinggi daripada 1,3 juta amunisi artilerio yang dijadwalkan akan diproduksi oleh Amerika Serikat dan gabungan negara-negara Eropa Barat.

Bain & Company juga menyoroti masalah serius yang dihadapi Ukraina, yakni kekurangan amunisi artileri, ditambah dengan lambatnya tingkat produksi dari negara pemasok.

BACA JUGA:Rusia Bombardir Ukraina Habis-habisan, Pertahanan Ukraina Kian Memburuk

Pasokan gabungan amunisi artileri dari AS dan Eropa tidak mampu memenuhi kebutuhan Ukraina untuk melawan ancaman Rusia secara efektif.

Militer artileri Ukraina menyampaikan, untuk setiap peluru yang diluncurkan oleh pasukan Ukraina, musuh membalas dengan lima peluru.

Menurut sumber Ukraina di Militarnyi, yang merujuk pada laporan Sky News, jika kemampuan produksi yang cepat dari amunisi artileri membuat biaya produksi munisi artileri 152 mm masing-masing sekitar $1.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: