Inilah 7 Cara Menghilangkan Rasa Mual yang Terjadi Karena Asam Lambung Naik

Inilah 7 Cara Menghilangkan Rasa Mual yang Terjadi Karena Asam Lambung Naik

Inilah 7 Cara Menghilangkan Rasa Mual yang Terjadi Karena Asam Lambung Naik -Foto: net-

Pengobatan herbal seperti jahe terbilang efektif sebagai cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. Senyawa fenolik pada jahe dapat meredakan iritasi saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi lambung. Oleh karena itu, jahe dapat mengurangi rasa mual karena asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Konsumsi obat-obatan

Selain berbagai cara di atas, obat antasida juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. Obat ini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung.

Obat antasida dijual bebas di apotek dan aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun, bagi bagi pengidap gagal jantung dan gagal ginjal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat antasida.

BACA JUGA:Menggali Sejarah Asal-usul Gunung Arjuna! Konon Hasil Petapaan Anggota Pandawa

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Makam Kuno di Bendungan Keureuto! Begini Rekomendasi Arkeolog

Selain itu, obat penghambat pompa proton atau proton pump inhibitor, seperti omeprazole dan lansoprazole, juga umum digunakan untuk mengurangi produksi asam yang dihasilkan oleh lambung. Obat-obatan tersebut sebaiknya digunakan dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar dosis dan penggunaannya tepat. 

4. Mengatur pola makan

Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung dapat dimulai dengan mengatur pola makan. Anda dianjurkan untuk makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Selain itu, hindarilah makan dalam porsi besar dan terburu-buru.

5. Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung

Anda juga disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang memicu asam lambung naik sehingga menyebabkan rasa mual, seperti cokelat, peppermint, makanan berlemak, serta minuman berkafein, dan beralkohol.

BACA JUGA:Mengungkap Jejak Sejarah Asal-usul Terbentuknya Gunung Arjuna di Malang

BACA JUGA:Arkeolog Ungkap Jejak Prasejarah Kehidupan Manusia Zaman Dulu di Gua Topogaro

6. Hindari berbaring setelah makan

Makanan memerlukan waktu sekitar 2–3 jam untuk dicerna oleh lambung. Berbaring setelah makan dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa mual. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari makan mendekati jam tidur sebagai cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: