Begini Penampakan Pembom Stealth B-21 Raider, Tampak Seperti Pesawat Alien

Begini Penampakan Pembom Stealth B-21 Raider, Tampak Seperti Pesawat Alien

Foto : Pesawat Pembom Stealth Amerika.-Begini Penampakan Pembom Stealth B-21 Raider, Tampak Seperti Pesawat Alien-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Meski masih dalam masa uji coba, Angkatan Udara AS (USAF) rupanya pelan-pelan ingin memuaskan rasa ingin tahu para pemerhati militer pada sosok pembom stealth terbaru, B-21 Raider.

Yakni dengan untuk pertama kalinya dirilis foto-foto udara yang memperlihatkan detail kulit dari desain sayap terbang (flywing).

Lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards, USAF memberikan pandangan pertama dari ketinggian di udara pada B-21 Raider. Dikutip The WarZone, ini merupakan foto profil samping resmi pertama B-21 Raider.

Foto udara ini menunjukkan perpanjangan seperti rak yang membentuk ujung depan jet, yang paling menonjol di sepanjang hidungnya.

BACA JUGA:Rusia Kirim Pesawat Khusus, 50 Tim Penyelamat Melakukan Operasi Pencarian

Ini adalah fitur utama yang jarang terlihat pada pesawat ini dan jauh lebih menonjol dibandingkan garis hidung dan dagu, jika dibanding pendahulunya, B-2 Spirit.

Dalam foto yang beredar, diperlihatkan desain jendela samping kokpit yang sekarang terlihat lebih jelas, dengan area pandang berbentuk trapesium kecil yang dirancang khusus untuk signature control.

Kaca depan depannya memiliki kesan pandang agak terbatas, yang tampaknya dioptimalkan untuk pengisian bahan bakar di udara.

Dalam foto juga nampak hatch kursi lontar di atas area kokpitnya, serta port pengisian bahan bakar terlihat jelas di foto. Pembom ini mengadopsi simbologi pengisian bahan bakar serupa pada bagian punggungnya, seperti yang ditemukan pada F-22 Raptor dan F-35.

BACA JUGA:Pesawat Latih Jatuh di BSD, Karumkit Bhayangkara Beberkan Kondisi Korban Tewas

Bukaan kecil berbentuk belah ketupat terlihat di sepanjang area tengah atas badan pesawat, yang mungkin merupakan bagian dari highly secure directional data-link system, serupa dengan yang ditemukan pada F-35.

Sebuah antena terlihat di bawah badan pesawat yang akan ditarik kembali untuk operasi siluman dan probe data udara.

Di bagian belakang, terlihat nomor seri AF 0001. Sebelum diluncurkan, B-21 akan mengadopsi lighter tone karena akan dioptimalkan untuk beroperasi baik siang maupun malam.

Kita melihat lubang tambahan seperti berlian, serta panel besar yang memiliki tepi depan bergerigi yang terletak di antara ‘punuk’ nacelle mesin dan bagian tengah badan pesawat berbentuk kubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: