Gelar Dialog Penguatan Internal di Kaltim, Dukung Percepatan Pembangunan IKN

Gelar Dialog Penguatan Internal di Kaltim, Dukung Percepatan Pembangunan IKN

Foto : Dialog penguatan internal Divhumas Polri.-Gelar Dialog Penguatan Internal di Kaltim, Dukung Percepatan Penbangunan IKN-Humas Polri

KALTIM, PAGARALAMPOS.COM - Divisi Humas Polri menggelar Dialog Penguatan Internal “Harmonisasi Masyarakat KALTIM dalam Rangka Percepatan Pembangunan IKN Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045” di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan, Selasa (21/5/2024).

Turut hadir Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Kepala Biro (Karo) Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PID) Divhumas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy.

Agenda ini diikuti oleh personel Polda Kaltim dan Polres/ta jajaran, perwakilan mahasiswa, kalangan akademisi, tokoh agama, serta organisasi masyarakat di Kaltim.

Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro mewakili Kadivhumas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, menyebut Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan salah satu strategi untuk merealisasikan target ekonomi indonesia tahun 2045.

BACA JUGA:Persiapan Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan di IKN, Polda Kaltim Terima Puluhan Kendaraan Listrik

Yaitu pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata melalui akselerasi pembangunan pada kawasan indonesia timur.

“Ibu Kota Nusantara juga merupakan sarana untuk pengembangan sumber daya manusia agar lebih mampu untuk berdaya saing, terutama dengan memanfaatkan bonus demografi karena 68% populasi indonesia di dominasi oleh usia yang produktif,” ujarnya.

Brigjen Tjahyono mengatakan, pembangunan IKN bukan hanya pembangunan fisik saja, melainkan adanya transformasi kehidupan dan transformasi pekerjaan terutama dalam hal pemanfaatan teknologi.

Dengan harapan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang memacu pertumbuhan ekonomi nasional agar lebih cepat terutama pemerataan ekonomi ke indonesia bagian tengah dan bagian timur.

BACA JUGA: Mal Pertama di IKN Menghabiskan Rp5 Triliun, Tidak Dibangun oleh Negara, Ini Pemiliknya!

Lebih lanjut, Brigjen Tjahyono mengatakan sebagai titik pertumbuhan ekonomi baru, IKN digerakkan oleh sektor industri-industri yang menjadi andalan pada masa depan.

Seperti sektor energi baru dan terbarukan, pertanian modern, kawasan pariwisata sampai dengan pusat riset dan inovasi.

“Hal ini bertujuan agar IKN tidak hanya menjadi kota yang bebas polusi dan ramah lingkungan, namun juga berkelanjutan di bidang efisiensi energi,” tuturnya.

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, pembangunan IKN merupakan sebuah lompatan besar untuk melakukan transformasi menuju indonesia maju dan diyakini akan menjadi representasi bangsa yang unggul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: