Menjelajahi Jejak Sejarah dan Asal-usul Peradaban Suku Jawa Dimasa Lalu

Menjelajahi Jejak Sejarah dan Asal-usul Peradaban Suku Jawa Dimasa Lalu

Menjelajahi Jejak Sejarah dan Asal-usul Peradaban Suku Jawa Dimasa Lalu -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM  - Masyarakat Jawa adalah perpaduan antara orang Austroasiatik berbaur / interbreeding dengan orang Austronesia yang datang kemudian.

Setelah interaksi yang cukup lama dengan orang Austronesia masyarakat awal yang mendiami Pulau Jawa mulai mengadopsi bahasa Austronesia sebagai bahasa utama, sehingga mereka memiliki sekitar 20–30% gen Austronesia dan 50-60% gen Austroasiatik.

Suku Jawa adalah Suku bangsa yang banyak menempati pulau Jawa. Suku Jawa umumnya terdapat di daerah-daerah berdirinya kerajaan Mataram. 

Masyarakatnhya tidak hanya tersebar di Pulau Jawa saja, melainkan di seluruh  Indonesia. Pasalnya, warga Pulau Jawa ikut serta dalam proyek reinkarnasi pada masa rezim Orde Baru.

Kehebatan orang Jawa tidak lepas dari sejarahnya yang panjang. Capaian kebudayaan  peradaban  Jawa termasuk yang paling maju.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Suku Jawa merupakan suku bangsa Austronesia terbesar  di Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2010, setidaknya 40,22% penduduk Indonesia adalah suku Jawa.

Suku Jawa juga terdapat di  Kaledonia Baru dan Suriname,  karena pada masa penjajahan Belanda suku tersebut dibawa ke sana sebagai buruh. Pada saat itu, orang Jawa  Suriname telah menjadi  minoritas dan dikenal sebagai orang Jawa Suriname.

Selain itu, terdapat sejumlah besar suku Jawa di sebagian besar provinsi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Arab Saudi, dan Belanda.

Mayoritas penduduk Jawa beragama Islam, dan sebagian minoritas beragama Kristen, Jawa, Hindu, dan Buddha.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Tidak banyak orang yang tahu tentang suku Jawa. Hal ini memungkinkan Anda untuk merangkum dan belajar dari berbagai sumber sejarah Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: