Pria Jombang Ini Berhasil Temukan 25 Kg Koin Kuno Saat Gali Tanah Diperkirakan Sudah Ada di Era Majapahit

Pria Jombang Ini Berhasil Temukan 25 Kg Koin Kuno Saat Gali Tanah Diperkirakan Sudah Ada di Era Majapahit

Pria Jombang Ini Berhasil Temukan 25 Kg Koin Kuno Saat Gali Tanah Diperkirakan Sudah Ada di Era Majapahit -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Masyarakat menemukan sekantong uang logam kuno saat menggali tanah untuk membangun pondasi rumah di Jombang. Ditemukan uang logam kuno yang bergambar keris, pisau, dan  tombak.

Sulis Ariyanto (39 tahun) mengatakan koin kuno tersebut ditemukan di halaman rumah mertua Pak Suyitno di Dusun Nam Betek, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kamis (20/5) sekitar pukul 07.00 WIB.

Saat itu, para pekerja sedang menggali tanah untuk membangun pondasi rumah adik iparnya. Awalnya, penggalian di  satu titik di pekarangan hanya menemukan pecahan gerabah dengan kedalaman sekitar 10 cm.

Penggalian  dilanjutkan hingga kedalaman 20 cm. Belakangan, para pekerja menemukan koin kuno dan beberapa senjata tajam.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Uang logam kuno ditemukan warga Dusun Betek Selatan, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/5/2021). 

Penemuan itu berawal saat sejumlah warga menggali tanah untuk membangun fondasi rumah di pekarangan milik Suyitno, warga setempat, Kamis pagi. 

Awalnya, saat menggali tanah pada kedalaman sekitar 10 sentimeter, warga yang menggali tanah menemukan pecahan tembikar. 

Kemudian, saat menggali tanah hingga kedalaman 20 sentimeter, warga menemukan koin berbentuk bulat dan terdapat lubang di bagian tengah.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Pada titik lokasi yang sama, koin yang diidentifikasi sebagai uang logam kuno tersebut ditemukan cukup banyak. 

Oleh warga yang menggali tanah, logam kuno yang ditemukan tersebut diangkat dari tanah, lalu dikumpulkan pada tiga buah timba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: