Siapakah Sosok Cleopatra? Benarkah Dia Firaun Terakhir di Zaman Mesir Kuno? Simak Penjelasannya Disini!

Siapakah Sosok Cleopatra? Benarkah Dia Firaun Terakhir di Zaman Mesir Kuno? Simak Penjelasannya Disini!

Siapakah Sosok Cleopatra? Benarkah Dia Firaun Terakhir di Zaman Mesir Kuno? Simak Penjelasannya Disini! -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Ada banyak hal menarik dalam sejarah Mesir kuno.Salah satunya adalah kisah Cleopatra, ratu Mesir ikonik yang namanya saja sudah membangkitkan gambaran kecantikan, kecerdasan, dan kelicikan yang belum pernah ada sebelumnya.

Ini telah menjadi subjek penafsiran yang tak terhitung jumlahnya sepanjang sejarah.

Tapi siapa sebenarnya Cleopatra  dan mengapa ada begitu banyak perselisihan tentang siapa dia sebenarnya?

Cleopatra VII Philopator (69 SM – 30 SM) adalah firaun aktif terakhir dalam sejarah Mesir kuno dan anggota dinasti Ptolemeus, sebuah keluarga Makedonia yang memerintah Mesir setelah kematian Kaisar Agung 'Alexander.

BACA JUGA: Garuda Muda Membuat Bangga, Erick Thohir Banjir Komentar di Instagram Pasca Laga Bersejarah

BACA JUGA:Jejal Pemukiman Prasejarah, Menjadikanya Kota-Kota Pertama di Dunia

Kisah hidup Cleopatra, ratu Mesir kuno, masih memukau penonton. artikel ini akan memaparkan kisah hidupnya dan analisa penulisnya.

Pada paruh pertama artikel ini, saya sedikit kecewa karena gaya bercerita penulisnya tidak jauh berbeda dengan artikel Cleopatra yang pernah saya baca sebelumnya  karya Duane W. Roller.

Mungkin jika penulis memilih menggunakan kalimat yang sederhana dan efektif, saya akan lebih  menikmati membaca buku ini. Entah  terjemahannya bagus atau tidak, terkadang enak dibaca, tapi sebagian besar kalimat dalam terjemahan ini membuat saya cemberut.

Plotnya menjadi lebih menarik setelah kematian dramatis Julius Caesar. Terbentuknya tiga serangkai antara Marc Antony, Oktavianus, dan Lepidus membawa Antony ke pelukan Cleopatra, yang sebelumnya adalah simpanan Caesar.

Penulis memberikan gambaran menarik tentang inovasi Cleopatra saat pertama kali bertemu Caesar dalam karung yang digulung. Atau kesenjangan modern dan budaya antara penduduk Roma dan kota Alexandria, ibu kota Mesir, yang pada masa Cleopatra merupakan kota megalopolis, termaju di dunia dan terkenal dengan perpustakaannya yang terbesar di dunia.

BACA JUGA:Sejarah Dinasti Abbasiyah Kembangkan Ilmu Pengetahuan dan Peradaban

BACA JUGA:Eksplorasi Kota Muslim Kuno di Ethiopia: Menyelami Sejarah Awal Islam di Benua Afrika

Lahir di Alexandria, Cleopatra adalah seorang penguasa berpendidikan tinggi dan cerdas, terampil dalam diplomasi, politik, dan bahasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: