Jejak Peradaban Maya: Kota Kuno di Kedalaman Danau Atitlan

Jejak Peradaban Maya: Kota Kuno di Kedalaman Danau Atitlan

Jejak Peradaban Maya: Kota Kuno di Kedalaman Danau Atitlan-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Danau Atitlan di Guatemala menyimpan peninggalan luar biasa dari peradaban kuno. Di dasar danau ini, terdapat sisa-sisa kota dari Suku Maya yang berusia sekitar 2.000 tahun.

Menurut pernyataan Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH), kota tersebut berasal dari periode Praklasik Akhir, sekitar 400 SM hingga 250 M.

Danau Atitlan terletak di kawah gunung berapi besar di dataran tinggi barat daya Guatemala, dekat dengan Kota Panajachel. Orang-orang Maya menempati sebuah pulau di tengah danau ini, mendirikan kuil, alun-alun, rumah, dan bangunan lainnya. Namun, kota yang dikenal dengan nama Samabaj tersebut akhirnya terendam air.

“Sumber air yang sama yang memberikan kehidupan kepada mereka juga menenggelamkan kota tersebut,” kata INAH.

Situs ini berada di kedalaman antara 12 hingga 20 meter. Semua bangunan, prasasti, dan artefak lainnya telah dipetakan menggunakan peralatan khusus untuk menghasilkan peta planimetri dan penginderaan jauh dari sebagian besar danau.

“Dengan planimetri ini, kami menemukan situs dengan ukuran sekitar 200 meter kali 300 meter,” ungkap Helena Barba Meinecke, kepala Kantor Semenanjung Yucatan Subdirektorat Arkeologi Bawah Air INAH.

Di bawah kepemimpinan Helena Barba Meinecke, eksplorasi dimulai pada 14 Maret hingga 3 April lalu, dengan tujuan mempromosikan konservasi dan penghormatan bagi komunitas adat setempat.

Para arkeolog bawah laut Guatemala dilatih untuk menjaga situs tersebut dan bertanggung jawab melanjutkan eksplorasi dan investigasi di danau tersebut.

Danau Atitlan terbentuk di kawah gunung berapi yang meledak dalam letusan besar sekitar 84.000 tahun yang lalu. Dengan luas permukaan sekitar 130 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 340 meter, danau ini merupakan salah satu danau terdalam di Amerika Tengah.

Namun, dimensinya mungkin berbeda di masa lalu. Para ilmuwan meyakini ada peristiwa vulkanik lain yang terjadi sekitar 2.000 tahun yang lalu, menyebabkan gangguan seismik di dasar danau sehingga permukaan air naik dengan cepat dan drastis. Akibatnya, Kota Samabaj tenggelam, memaksa penduduknya mengungsi secepat mungkin.

Samabaj terkonsentrasi di daerah yang relatif kecil, namun memiliki semua karakteristik pemukiman Maya. Para peneliti belum dapat memastikan kelompok Maya mana yang membangun kompleks ini, namun ada dua kandidat yang jelas: Tz'utujil dan Kaqchikel, yang tinggal di dekat danau sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Kaqchikel dikenal sebagai aktor sejarah yang kontroversial karena mereka bersekutu dengan penjajah Spanyol selama Penaklukan Spanyol abad ke-16, untuk melawan musuh bebuyutan mereka, Tz'utujil dan K'iche'. Namun, pengkhianatan mereka tidak menghasilkan akhir yang bahagia, karena mereka akhirnya juga ditaklukkan oleh Spanyol.

Eksplorasi di situs bawah air Danau Atitlan akan terus berlanjut, dengan rencana INAH untuk mengalihkan tanggung jawab proyek ini kepada para arkeolog bawah laut Guatemala. Penduduk desa tepi danau Santiago Atitlán telah berjanji untuk melindungi situs ini dari penyelam yang tidak sah dan tindakan perusakan lainnya.

Nantinya, masyarakat dapat mengunjungi Samabaj secara virtual untuk melihat seperti apa kota tersebut saat masih berdiri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: