TNI AL Tembakkan Rudal Anti Kapal dan Torpedo, Targetnya Sejauh 64 Km

TNI AL Tembakkan Rudal Anti Kapal dan Torpedo, Targetnya Sejauh 64 Km

Foto : Peluru kendali yang ditembakkan dari kapal TNI AL.-TNI AL Tembakkan Rudal Anti Kapal dan Torpedo, Targetnya Sejauh 64 Km-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Dalam gelaran Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) 2024 yang dilaksanakan di wilayah perairan Laut Bali dari tanggal 8 sampai dengan 9 Mei 2024, TNI AL menyatakan telah sukses melaksanakan penembakkan sejumlah senjata khusus.

Dikatakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang hadir langsung dalam pelaksanaan latihan bahwa, penembakkan senjata khusus telah dilaksanakan dengan sukses dan berhasil.

Selaku pimpinan TNI ALdia mengucapkan “Bravo Zulu” kepada seluruh prajurit Jalasena yang tergabung dalam Latihan Operasi Laut Gabungan.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanahu Wattaala selalu melindungi langkah pengabdian kita kepada TNI, TNI AL bangsa dan negara, dan tentunya terus kibarkan bendera kewajiban”, tegas Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dari Kapal Markas KRI dr. Soeharso – 990, dikitip dari siaran pers Dispenal.

BACA JUGA:Jauhkan dari Klaim China, TNI AL Kerahkan 3 Kapal Perangnya di Laut Natuna Utara

Penembakan senjata khusus dilaksanakan oleh KCR (Kapal Cepat Rudal) KRI Halasan 630 dan KRI Kapak 625, kedua KCR 60M produksi PT PAL Indonesia itu masing-masing menembakkan Rudal jelajah anti kapal Exocet MM40 Block 3. Sementara KRI Yos Sudarso 353 menembakan Rudal anti kapal C-802.

Tidak itu saja, unsur kapal selam juga menguji kemampuannya, yakni kapal Selam KRI Alugoro 405 menembakan torpedo Black Shark dan korvet KRI Sultan Hasanuddin 366 menembakan torpedo A244S.

Objek sasaran penembakan rudal berjarak 35 nautical mile (64,8 km) dari unsur penembak. Penembakan dan rudal – rudal tersebut mengenai sasaran secara bersamaan dari arah yang berbeda, dan sasaran berhasil ditenggelamkan.


Foto : Peluru kendali yang ditembakkan dari kapal TNI AL.-TNI AL Tembakkan Rudal Anti Kapal dan Torpedo, Targetnya Sejauh 64 Km-Indomiliter.com

Dalam Latopslagab 2024, TNI AL mengerahkan puluhan unsur Kapal Perang Republik Indonesia yang terdiri dari KRI Unsur Tugas Penembak, KRI Unsur Tugas Pengamanan.

BACA JUGA:Prajurit Taifib Marinir TNI AL dan USMC Latihan Bareng, Evakuasi Medis Udara

Dan KRI Unsur Tugas Peperangan Elektronika (Pernika), serta Unsur Tugas Bantuan yang dan Pesawat Udara serta Helikopter.

Lebih dari 2.000 prajurit TNI AL dilibatkan dalam latihan tersebut, selain itu sejumlah drone dari Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut juga ikut serta dalam skenario latihan yang dilaksanakan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: