Menggali Jejak Sejarah Kerajaan Terbesar Afrika Kuno

Menggali Jejak Sejarah Kerajaan Terbesar Afrika Kuno

Menggali Jejak Sejarah Kerajaan Terbesar Afrika Kuno -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Sejarah modern seringkali memperoleh sorotan terbesarnya dari kerajaan dan imperium kuno yang berpusat di sekitar Mediterania dan wilayah Bulan Sabit Subur.

Meskipun pencarian kita akan sejarah dunia seringkali membawa kita ke kisah-kisah epik seperti Kekaisaran Romawi atau Kerajaan Mesir Kuno, sayangnya, banyak kerajaan yang tak kalah penting di Afrika seringkali diabaikan.

Dalam konteks sejarah Barat, fokus sering kali terkonsentrasi pada peradaban-peradaban Eropa dan Asia, menyisihkan berbagai peradaban yang makmur dan maju di benua Afrika.

Dalam kenyataannya, Afrika memiliki sejarah yang sangat kaya dan beragam. Terdapat tujuh kerajaan dan kekaisaran di Afrika yang pantas mendapat perhatian lebih, mengingat kontribusi signifikan mereka dalam pembentukan jalur perdagangan, pembangunan kota-kota megah, serta pengembangan kekayaan dan budaya yang kompleks.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Dengan tempat lahirnya umat manusia di Afrika Selatan modern dan beberapa pusat pembelajaran tertua di dunia yang tersebar di seluruh benua, tidak ada keraguan bahwa Afrika adalah sumber peradaban manusia seperti yang saya tahu.

Dari tanahnya yang subur, kerajaan dan masyarakat Afrika muncul dan Homo Sapiens menyebar ke seluruh dunia, meninggalkan warisan empiris berupa reruntuhan suku Aztec dan Maya di benua Amerika hingga reruntuhan Kekaisaran Romawi yang kita lihat tersebar di seluruh Eurasia .

Konon, ada juga banyak kerajaan dan kekaisaran Afrika yang tersebar di seluruh benua; kekuatan regional dan politik serupa dengan yang tercatat dalam buku sejarah kita saat ini.

Mesir Kuno mungkin adalah negara yang paling terkenal, namun keriuhan yang melingkupinya sebagian besar mengabaikan peradaban mengesankan lainnya dan dampaknya terhadap benua tersebut. Mari kita lihat beberapa kerajaan dan peradaban paling terkenal di Afrika.

BACA JUGA:Tradisi Perkawinan Sedarah Firaun, Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Kehidupan masyarakat dan perkembangan ekonomi di benua ini telah memberikan kontribusi besar terhadap peradaban manusia secara keseluruhan, namun sayangnya, cerita-cerita ini terkadang belum mendapat tempat yang setimpal dalam catatan sejarah global.

Kerajaan kuno selalu menarik bagi para peneliti terutama arkeolog sebagai objek riset. Namun entah kenapa, jika mendengar kerajaan kuno, sepertinya nama yang terbesit dalam pikiran adalah Mesir, yang berada di kawasan Afrika Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: